Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Anime Yesterday wo Utatte: Anime Romance yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Yesterday wo Utatte atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Sing "Yesterday" for Me adalah sebuah anime romance asal Jepang yang dirilis pada season Spring 2020. Anime ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul sama yang terbit pada tahun 90-an karya Kei Toume.

Yesterday wo Utatte Sing "Yesterday" for Me

Serial manganya sudah tamat pada tahun 2015 dengan total sebanyak sebelas volume. Adaptasi animenya sendiri mulai tayang sejak 4 april 2020 dan saat artikel ini ditulis, Yesterday wo Utatte sudah tayang sampai episode ke-4. Adaptasi anime ini dikerjakan oleh studio animasi Doga Kobo yang juga memproduksi anime Watashi ni Tenshi ga Maiorita (Wataten) dan Houkago Teibou Nisshi.

Sinopsis

Pada anime ini kita akan mengikuti kisah karakter utamanya yang bernama Uozumi Rikuo. Seorang pemuda usia 20-an awal yang hidupnya menjadi tak tentu arah sejak lulus kuliah. Dia tak memiliki ambisi sama sekali dalam hidupnya. Dia tak memiliki tujuan jelas tentang hidupnya kedepan.

Biasanya orang akan berlomba-lomba mencari pekerjaan dan melamar pada berbagai perusahaan besar selepas lulus kuliah. Tapi Rikuo tak berminat pada hal itu. Dia bahkan tak pernah mencoba untuk mencari pekerjaan tetap yang layak. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dia memilih untuk bekerja paruh waktu pada sebuah toko swalayan.

Hari-harinya berlalu begitu saja. Waktu terus mengalir. Tak banyak hal menarik yang terjadi.

Sampai suatu hari, seorang perempuan misterius muncul dengan hewan peliharaan yang tak biasa. Dia memelihara seekor gagak. Perempuan itu bernama Nonaka Haru. Dia adalah seorang siswi SMA yang dropout dari sekolah karena ketahuan bekerja di bar. Haru selalu mengunjungi dan menemui Rikuo saat bekerja.

Tak cukup dengan kehadiran seorang perempuan misterius. Rikuo juga dikagetkan dengan pertemuannya kembali dengan teman perempuannya semasa SMA, Morinome Shinako. Mereka sudah lama tak bertemu sejak hari kelulusan sekolah.

Dulunya, mereka berdua sangat dekat. Rikuo bahkan memiliki perasaan pada Shinako. Tapi dia tak pernah mengungkapkannya.

Kedatangan Shinako seolah memberi energi pada Rikuo. Dia merasa hidup kembali setelah sekian lama.

Review Singkat

Membaca sinopsis ceritanya mungkin bakal terkesan standar banget dan tak begitu menarik. Paling ini cuma anime romance biasa yang bakal membosankan. Awalnya saya juga berpikir demikian.

Tapi setelah menonton animenya secara langsung, ternyata dugaan saya salah besar. Anime ini sangat menarik untuk diikuti. Alurnya begitu mengalir. Setiap episodenya berhasil membuat emosi saya naik turun terbawa oleh ceritanya.

Keadaan Rikuo yang related banget sama kehidupan pasca kuliah membuat anime ini feelnya jadi terasa banget. Alur ceritanya kuat, perkembangan karakternya benar-benar terasa, dan disajikan dengan apik.

Saya sendiri sebenarnya bukanlah penggemar genre romance. Tapi Yesterday wo Utatte sukses memikat saya dan memberikan feel yang berbeda dari anime romance kebanyakan.

Saya agak kaget ketika saat mengetahui kalau studio yang memproduksi anime ini adalah Doga Kobo. Selama ini Doga Kobo selalu tampil dengan genre comedy slice of life atau yang berkaitan dengan unsur cute, moe, dan loli. Yesterday wo Utatte ini benar-benar beda banget dari anime Doga Kobo lainnya.

Namun demikian Doga Kobo dengan sukses membangun Yesterday wo Utatte dengan cerita yang kuat. Anime ini mampu membawa saya merasakan atmosfer ceritanya. Soundtrack yang dipilih pun terasa pas sekali dengan animenya. Belum ada sekalipun saya lewatkan soundtracknya saat menonton anime ini.

Kabar baiknya lagi, Yesterday wo Utatte dapat ditonton secara legal nih di channel youtube Ani-One. Bisa langsung buka playlist Yesterday wo Utatte atau langsung streaming episode 1 nya dibawah.

Informasi Lebih Lanjut

Judul alternatif: Sing "Yesterday" for Me
Sutradara: Yoshiyuki Fujiwara
Jumlah Episode: 18
Musim tayang: Spring 2020
Studio: Doga Kobo
Sumber asal: Manga
Genre: Slice of Life, Drama, Romance, Seinen
Durasi: 23 menit per episode
Skor MAL: 7.86

Post a Comment for "Sinopsis Anime Yesterday wo Utatte: Anime Romance yang Tak Boleh Kamu Lewatkan"