Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koe no Katachi 2? Apakah Koe no Katachi ada kelanjutannya?

 Koe no Katachi atau Silent Voice mungkin bukan anime baru lagi. Dirilis tahun 2016 lalu, maka sekarang film anime berdurasi dua jam ini sudah mencapai usia kurang lebih 4 tahun. Meskipun demikian, bukan berarti anime movie ini ditinggalkan dan terlupakan begitu saja. Film anime ini masih tetap jadi salah satu judul favorit saya.

shouko koe no katachi

Masih banyak pula penggemar yang sering rewatch atau menonton ulang kembali anime ini saking bagusnya. Bahkan anime ini hampir selalu jadi top list untuk direkomendasikan kepada penonton yang belum begitu akrab dengan anime (mungkin istilahnya wibu pemula kali ya? wkwk).

Silent Voice mengangkat tema yang tak biasa dalam dunia anime, yaitu tema bullying. Benar, tema ini memang jarang banget diangkat dalam anime. Namun, anime movie ini mampu mengangkat tema ini dengan luar biasa sempurna.

Dengan tema yang sebenarnya cukup berat, Silent Voice dieksekusi dengan cukup mendalam, tapi masih tetap ringan dan nyaman untuk ditonton. Berbagai emosi bercampur aduk di dalamnya, mulai dari sedih, senang, marah, kecewa, putus asa, dan penyesalan. Semua emosi itu mampu diracik dalam porsi yang pas dalam sebuah film berdurasi dua jam.

Diproduksi oleh studio kenamaan Kyoto Animation, kualitas animasinya jelas kelas atas. Latarnya begitu kaya dan colorful. Desain karakternya juga detil banget dan sangat hidup. Gestur karakternya luar biasa natural dan nyaris tanpa cela.

Plot yang ditawarkan pun tak kalah menariknya. Tak memakai lensa korban bullying seperti kebanyakan serial lain, di sini kita akan melihat melalui sudut pandang pelaku bullying itu sendiri. Sesuatu sangat menarik untuk disimak tentunya.

Dari sekian banyak kelebihan yang sudah dipaparkan, jelas saja banyak yang tertarik dan penasaran dengan kelanjutan dari anime movie ini. Tapi pertanyaannya, apakah ada kelanjutannya?

birthday party silent voice

Apakah Koe no Katachi ada season 2?

Sampai saat ini, di tahun 2020, belum ada rilis tentang kelanjutan dari Koe no Katachi. Jadi sampai sekarang masih belum ada Koe no Katachi 2.

Lalu bagaimana dengan kemungkinan untuk dirilis di masa yang akan datang?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu melihat kembali sumber original dari anime movie ini.

Koe no Katachi awalnya merupakan sebuah manga karya Ooima Yoshitoki yang terbit pada tahun 2011 lalu. Yang mana, manganya sendiri merupakan manga oneshot.

Manga oneshot sendiri merupakan sebutan untuk manga singkat yang hanya terdiri dari beberapa chapter. Jadi manganya bukanlah manga serial yang panjang dan memang dimaksudkan untuk langsung tamat.

Dari sana sudah cukup jelas bahwa Koe no Katachi memang tidak ada kelanjutannya karena memang dari manga aslinya sendiri merupakan manga oneshot yang langsung tamat.

Agak mengecewakan memang buat penggemar yang begitu tertarik dengan kelanjutannya. Tapi sebenarnya kalau dipikir lagi Silent Voice memang sudah sangat sempurna tanpa adanya sekuel. Cukuplah rewatch kembali anime movie ini ditemani secarik tisu untuk mengusap air mata.

10 comments for "Koe no Katachi 2? Apakah Koe no Katachi ada kelanjutannya?"

  1. Agak sedih sih kak, kalau mau rewatch anime ini lagi mungkin udah gak kuat lagi. selalu kepikiran sama anime ini. apalagi tema bullying itu jarang banget diangkat. semoga aja "suatu hari" atau mungkin "suatu saat nanti" bakal ada sequel nya. meskipun sudah ada chapter bonus. tapi chapter tersebut nggak ada hubungannya dengan ishida dan nishimiya. tapi mau gimana lagi, beberapa orang juga berpendapat kalau anime ini tanpa ada sequel nya juga udah cukup bagus ending nya. huhh...sedih euy ☹️

    ReplyDelete
  2. Semoga anime koe no katachi ada season 2 nya jujur kak aku sangat sensng dgn film ini film ini mengajarkan kalo kita harus sabar dalam kehidupan dn harus lebih memberikan senyuman walaupun mereka tersakiti dgn perbuatan org itu aja kak aku akan selalu menunggu koe no katachi season 2 di buat

    ReplyDelete
  3. pas scene si Nishimiya nembak si Ishida gua mah dah semangat... si Ishida malah salah denger.. disitu gua sakit bangettt pdhal nge-ship mereka, dan gua juga menyayangkan ending yg di movie berbeda dengan di manganya... pdhal ending di manganya ada adegan mereka bergandengan tangan di depan pintu masuk (semacam acara reunian seingat gua), jadi banyak yang spekulasi mereka sejak itu udah pacaran, ini Anime bisa gua bilang salah satu yang terbaik sepanjang masa.. pembawaannya mantap... bahkan durasi 2 jam menurut gua masih kurang hehehe... oh iya, jangan lupa siapin tissue wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanggung bed ending nya gak ada scene yang nunjukin mereka pacaran cok, padahal bagus bed kalo ditambahi scene kalo mereka dah pacaran

      Delete
    2. Gua pengen mereka berdua nikah endingnya😭

      Delete
  4. Yes gua suka banget nonton anime
    Tapi semenjak nonton anime ini gua ngerasa sebenernya dalam kehidupan ini kita harus membuka semua apa yang ada di dalam diri kita..
    Bener atau engganya anime ini terbaik walaupun hanya dibuat sekali ini

    ReplyDelete
  5. Baper njiiirr, tapi agak kecewa karena belum sepenuhnya selesai
    Ishida Belum damai sama teman lamanya yg waktu kecil selalu bertiga dan bagaimana dg perasaan Nishimiya yg gw harap bisa melihat keuwwuan mereka bersama.
    Jujur gw jdi terinspirasi dan pengen belajar bahasa isyarat

    ReplyDelete
  6. pas nonton bagian nishimiya mau bunuh diri, disitu jantung gua kayak ikut degdegkan pengen nolong juga :D

    ReplyDelete
  7. nyesek banget pas scene ishida ngejauhin temen temennya yg pas di jembatan, gatau kenapa feel nya dapet banget.... kayak relate gitu

    ReplyDelete
  8. Gue setuju atas komentar yang lainnya,padahal anime "koe no katachi/a silent voice" menempati rating tertinggi loh cari di Google (myanimelist.net).

    ReplyDelete