Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu ISP atau Provider? Serta Pertimbangan Memilih Provider yang Tepat

Pada era modern sekarang ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Tiap hari selalu saja akan ada penemuan baru yang dihasilkan. Manusia tak henti-hentinya melakukan inovasi demi mempermudah kelangsungan hidupnya.

Dunia zaman sekarang ini, sudah seperti tidak memiliki batas antar negara. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari belahan dunia lain. Hanya dalam hitungan detik kamu dapat mengetahui keadaan di belahan dunia lainnya secara langsung.

Padahal, di zaman dahulu membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan sampai berbulan-bulan agar surat bisa sampai ke tujuan. Sekarang semuanya dapat diakses dengan mudah. Hanya dalam hitungan detik, informasi yang kamu inginkan akan langsung muncul dihadapan kamu.

Hal itu terjadi berkat penemuan yang bernama Internet. Dengan internet segalanya menjadi mudah. Kesulitan menjawab soal? tinggal buka google, mau belajar masak? tinggal buka youtube, mau kirim dokumen? tinggal kirim lewat email. Pokoknya segala hal menjadi lebih mudah dengan adanya internet.

Namun, siapa sih yang menyediakan layanan internet yang kamu pakai?

Nah, inilah dia yang dinamakan ISP atau Internet Service Provider. Siapa sih mereka? Yuk! ulas lebih lanjut!
Apa itu Provider atau ISP (Internet Servince Provider)

Apa itu Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider atau disingkat ISP adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan akses internet yang kamu pakai saat ini.

Jika kamu melihat seseorang berbicara di internet tentang "Provider", maka biasanya mereka merujuk pada ISP atau penyedia layanan jasa internet. Simpelnya sih, operator bisa dibilang sebagai provider.

ISP membuat kamu dapat terhubung dengan internet. Tanpa berlangganan dengan ISP atau Provider, kamu tidak dapat terkoneksi dengan internet.

ISP ini ada yang menyediakan layanannya dengan sambungan kabel, ada pula yang tanpa kabel. Contoh provider yang menggunakan kabel misalnya Telkom dengan IndiHome dan Speedy. Kadang, provider dengan sambungan kabel ini juga menyediakan layanan telepon dan televisi berlangganan (tergantung paket yang dipilih).

Layanan internet kabel ini cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan cara koneksi lainnya, karena layanannya langsung terhubung dengan kabel tanpa ada yang menghambat. Namun kelemahannya, layanan internet menggunakan kabel ini tidak "mobile". Kamu hanya dapat menggunakannya di satu tempat saja tanpa bisa dipindahkan atau dibawa ke tempat lain.

Sedangkan Provider yang tidak menggunakan kabel contohnya seperti layanan internet yang kamu gunakan pada smartphone. Ada berbagai macam, seperti: Tri, Telkomsel, Indosat, Axis, XL, dan lain sebagainya.

Kelebihan layanan tanpa kabel ini, kamu dapat mengakses internet dimana pun selama masih berada dalam jangkauan sinyal milik provider. Namun layanan tanpa kabel ini cenderung tidak stabil. Bisa saja sinyal kamu terhalangi oleh gedung atau pohon besar sehingga layanan internetnya menjadi agak terganggu.

Provider akan menghubungkan kamu dengan server lain yang berada di dalam internet. Jadi misalkan kamu mengirimkan sebuah email, maka email itu akan melewati server milik provider terlebih dahulu sebelum diteruskan ke lokasi server tujuan.

Masing-masing provider menerapkan skema tarif yang berbeda-beda. Ada yang memakai sistem kuota, ada pula yang memakai sistem langganan per bulan.
Tips Pertimbangan saat memilih Provider atau ISP

Pertimbangan dalam Memilih Provider

Biaya

Faktor utama yang harus kamu perhatikan dalam menggunakan layanan dari provider internet adalah biaya. Semakin murah tentu semakin bagus karena dapat menghemat uang yang harus dikeluarkan.

Kecepatan

Pertimbangan selanjutnya adalah dari segi kecepatan. Semakin cepat koneksi internet yang ditawarkan provider tentu semakin baik. Percuma dong, murah tapi untuk browsing saja lelet, buka media sosial susah, apalagi streaming youtube malah buffering mulu. 

Skema Tarif

Skema tarif yang ditawarkan tiap provider tentu berbeda-beda. Ada yang menerapkan sistem kuota, sedangkan yang lain menawarkan sistem langganan per bulan. Silahkan pilih tergantung kebutuhan kamu. 

Kalau misalnya kebutuhan internet kamu seperti streaming youtube, download file besar seperti game dan film, atau kebutuhan upload video, maka disarankan untuk memilih skema tarif langganan per bulan yang unlimited.

Sedangkan untuk kamu yang cenderung aktivitasnya tak memakan terlalu banyak data kuota. Contohnya seperti browsing, baca berita, media sosial, dan layanan chatting, maka lebih dianjurkan untuk memilih skema kuota saja.

Jangkauan

Disarankan untuk memilih provider yang memiliki jangkauan sinyal yang luas. Ada provider yang murah dan bagus saat dipakai di kota, tapi saat berada di daerah pedesaan malah tidak mendapatkan sinyal. Tentu hal ini dapat menjadi masalah bagi kamu yang sering berpergian antar wilayah.

Jika smartphone kamu mempunyai fitur dual sim, maka masalah jangkauan sinyal ini dapat diakali. Pada saat berada di kota kamu dapat menggunakan operator dengan biaya murah tapi jangkauan wilayahnya sempit, sedangkan pada wilayah pedesaan kamu tinggal ganti menggunakan operator lain yang jangkauannya lebih luas.

Misalnya nih seperti mimin yang menggunakan Tri yang murah meriah dan wuzz saat berada di kota. Sedangkan pada saat berada di kampung, mimin menggunakan Telkomsel karena stabil dan jangkauannya lebih luas, hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia (bukan endors yak).

Post a Comment for "Apa itu ISP atau Provider? Serta Pertimbangan Memilih Provider yang Tepat"