Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burn The Witch (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer

Beberapa waktu lalu saya baru saja menonton sebuah anime berjudul Burn The Witch. Anime ini jadi menarik karena anime ini merupakan proyek terbaru dari creator anime legendaris Bleach, Tite Kubo. Tentu saja hal ini mampu mengundang hype dari para penggemar Bleach.

Burn The Witch poster

Tite Kubo sendiri awalnya menggarap manga Burn The Witch sebagai proyek manga one-shot di majalah Shonen Jump. Tapi karena manga ini mendulang banyak reaksi positif dari pembaca, Tito Kubo memberi kejutan dengan melanjutkan proyek Burn The Witch dengan menerbitkan beberapa chapter tambahan.

Melihat kesuksesan manga Burn The Witch, Shueisha pun tertarik untuk mengangkat serial manga ini dalam bentuk adaptasi anime yang dirilis pada tanggal 2 Oktober lalu.

Total ada empat chapter yang telah terbit dan seluruhnya diangkat menjadi adaptasi anime. Keempat chapter manganya ini akan dilebur dalam anime 3 episode.

Sinopsis Burn The Witch

Ceritanya berkisah tentang dua orang gadis muda yang melindungi London dari serangan naga ganas. Sekitar 72% kematian yang terjadi di kota London disebabkan oleh serangan naga. Namun makhluk luar biasa ini tak bisa dilihat oleh semua orang. 

Naga-naga ganas itu hanya dapat dilihat oleh penduduk Reverse London yang hidup tersembunyi di balik "bayangan" kota London. Sedangkan di Front London, penduduknya tak bisa melihat dan tak sadar dengan kehadiran naga yang selalu mengancam mereka. Bagi penduduk Front London, naga hanyalah mitos belaka dan dongeng belaka.

Untuk mengamankan kota London dari serangan naga, dua gadis muda, Noel dan Ninny, bahu membahu satu sama lain. Mereka adalah witch atau penyihir yang tergabung dalam organisasi Wing Bind (WB) yang memiliki misi untuk melindungi kota London dari amukan naga.

Review/Ulasan

Konsep yang ditawarkan oleh anime ini cukup menarik. Dimana kita disuguhkan kota London dalam dua sisi berbeda. Sisi pertama adalah sisi dunia normal yang disebut sebagai Front London. Orang-orang yang hidup di Front London hanyalah orang biasa yang menjalani kehidupannya sehari-hari. Mereka tak sadar bahwa ada makhluk raksasa tak kasat mata yang selalu menghantui mereka.

Sedangkan di sisi lainnya, ada Reverse London. Dunia Reverse London begitu berbeda dengan Front London. Hanya orang yang memiliki kemampuan sihir yang tinggal di Reverse London. Orang-orang di sini bahkan bisa melihat naga yang sering mengamuk dan berkeliaran. Sekilas konsep dua dunia ini agak mirip-mirip Harry Potter sih ya.

Untuk melindungi kota London dari ancaman naga, ada organisasi bernama Wing Bind (WB) yang bertugas mengamankan kota. Dua karakter utama dalam anime ini, Noel dan Ninny adalah witch yang bekerja bagi Wing Bind. Mereka menumpas naga yang berkeliaran dan mendapatkan bayaran atas usaha mereka. Aksi mereka sering kali berlangsung secara jenaka.

Visual yang ditampilkan oke banget, musiknya juga pas. Stylenya animasinya unik dan cakep. Di bawah ini kalian bisa liat sendiri visualnya dari tangkapan layar animenya.

Noel dan Ninny

Noel dan Ninny

Noel

Walaupun konsep ceritanya menarik dan visualnya cakep, penayangannya yang dikemas dalam tiga episode jadi masalah yang agak mengganjal. Anime ini langsung dimulai dengan adegan pertarungan antara dua karakter utamanya yang menghadapi naga tanpa ada penjelasan yang jelas. Ini tentu menimbulkan rasa kebingungan bagi penonton. Apalagi narasinya seolah-olah anime ini bakal jadi seperti anime seasonal 12 episode. Padahal anime ini sebenarnya hanya punya 3 episode. 

Setelah selesai menamatkan ketiga episodenya malah menimbulkan rasa janggal karena ceritanya yang menggantung dan serba nanggung. Kalau anime ini dikemas dalam bentuk movie, jelas bakalan lebih pas dibandingkan dikemas dalam tiga episode terpisah. Dengan demikian, nilai 7/10 adalah nilai akhir yang saya berikan untuk anime Burn The Witch. Secara umum sebenarnya anime ini menarik, tapi sayangnya nanggung banget. Selain itu banyak pula missing link yang perlu dihubungkan dikembangkan untuk jadi anime yang solid.

Trailer

Nonton Streaming (Gratis)

Anime ini tayang secara resmi di Indonesia melalui channel Youtube Muse Asia yang bisa kamu tonton secara gratis dan legal guys.

Karakter dan Pengisi Suara

Noel Niihashi (VA: Yuina Yamada)

Merupakan witch atau penyihir yang bertugas menghalau naga yang menyerang kota London. Dia melakukan tugasnya dengan bekerja sama dengan rekannya, Ninny.

Ninny Spangcole (VA: Asami Tano)

Teman baik Noel yang juga merupakan sesama witch. Ninny merupakan senior dari Noel. Berbeda dengan Noel yang relatif tenang, Ninny memiliki karakter yang meledak-ledak.

Balgo Parks (VA: Shimba Tsuchiya)

Meskipun bukan witch dan tak memiliki kekuatan sihir yang hebat seperti Noel dan Ninny, Balgo secara unik selalu menarik perhatian naga untuk muncul.

Macy Baljure (VA: Saori Hayami)

Teman baik Ninny di Front London.

Bruno Bangnyfe (VA: Chikahiro Kobayashi)

Salah satu anggota penting dan salah satu yang terkuat dari Wing Bind. Dia membantu Ninny dan Noel dalam menghadapi naga legendaris, Cinderella.

Penutup

Jadi anime Burn The Witch ini merupakan anime karya terbaru dari author Bleach yang bergenre fantasy. Sayangnya anime ini hanya ada episode dan terasa nanggung banget. Kalau dijadiin movie tunggal bakal terasa lebih pas dibanding dijadiin ala-ala anime seasonal begini. Gimana pendapat kamu?

Oh iya, dan beruntungnya anime ini tayang secara legal di channel youtube Muse Asia. Langsung subscribe channelnya dan nonton di sana guys. Dukung terus anime legal biar makin banyak berkembang dan makin banyak judul yang tayang.

Post a Comment for "Burn The Witch (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer"