Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Hotel Mumbai (2018) Ulasan & Review Film

Hotel Mumbai adalah sebuah film asal India yang dibuat berdasarkan kasus serangan teroris yang terjadi di kota Mumbai pada tahun 2008 silam. Film ini merupakan proyek kerjasama antara rumah produksi India dengan rumah produksi asal Australia yang dirilis pada tahun 2018. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang sinopsis film Hotel Mumbai beserta dengan ulasan/reviewnya.

Hotel Mumbai (2018)

Sinopsis Hotel Mumbai

Sekelompok pemuda yang menyandang tas besar pergi menyebar ke beberapa lokasi paling strategis di kota Mumbai, India. Mereka mempunyai misi tersembunyi untuk menebar teror yang nantinya akan mengguncang dan menggemparkan dunia.

Tas besar yang mereka sandang berisikan senjata otomatis yang dapat menembakkan ratusan peluru ke tubuh orang-orang tak bersalah. Mereka juga dilengkapi dengan bom-bom yang dapat meledakkan bangunan dan mengguncang kota Mumbai.

Target yang mereka incar adalah stasiun kereta api, restoran, dan hotel mewah di kota Mumbai.

Dengan perintah dari pimpinannya, mereka siap melakukan serangan teror sistematis yang menargetkan warga sipil lokal dan orang asing.

Salah satu lokasi yang menjadi target komplotan teroris ini adalah Taj hotel yang merupakan salah satu hotel paling mewah di kota Mumbai. Awalnya hotel ini cukup aman dan jauh dari lokasi serangan teror pertama. Tapi sayangnya, seiring waktu berjalan teror mulai menjalar ke berbagai lokasi termasuk Taj Hotel.

Komplotan teroris bersenjata lengkap masuk ke dalam hotel dan tanpa peringatan langsung menembakkan senjata mereka kepada orang-orang yang berada di dalam Taj hotel. Mereka kemudian dengan cepat menyisir hotel dan menghabisi orang-orang yang tersisa.

Pada bagian lain hotel yang belum digapai oleh teroris, para tamu dan staff  hotel membisu dalam ketakutan. Mereka berusaha untuk tetap diam dan mencari tempat aman sampai bantuan datang. Tapi sayangnya bantuan yang mereka harapkan datang tak kunjung datang. Mereka lalu mencari cara agar bisa selamat dari para teroris. Mampukah para penghuni hotel keluar dengan selamat?

Ulasan/Review

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada tahun 2008. Pada saat itu kota Mumbai di kagetkan oleh serangkaian serangan teroris bersenjata lengkap yang dengan membabi buta menargetkan terornya kepada warga sipil.

Dalam film ini kita akan mengikuti kisah para staff hotel yang berusaha untuk terus menjaga tamu mereka agar tetap aman dari ancaman teroris yang menyerang hotel. Film ini begitu intens. Sepanjang film ini berlangsung saya sampai dibuat menahan nafas karenanya. Adegan para tamu hotel beserta staff yang berusaha melarikan diri dan bersembunyi secara diam-diam begitu menegangkan.

Kekejian para teroris juga digambarkan dengan gamblang dalam film ini. Dengan ekspresi yang dingin mereka begitu mudahnya menghabisi warga yang tak bersalah.

Akting para aktor dan aktrisnya sangat sempurna. Scene yang ada dalam film ini terasa begitu nyata dan mampu membuat saya tenggelam di dalamnya. Mereka memainkan perannya sebagai orang biasa dengan begitu natural. Reaksi para karakter dalam film ini benar-benar seperti orang biasa yang begitu ketakutan saat berada dalam situasi pelik seperti ini.

Hotel Mumbai (2018)

Selain itu ada beberapa hal menarik yang saya dapat dari film ini. Salah satunya adalah bagaimana media yang memberikan informasi secara langsung malah membantu teroris dalam menjalankan aksinya. Dalam film ini contohnya adalah saat kedatangan pasukan bantuan yang dikabarkan secara langsung oleh media. Pemberitaan itu memberikan clue kepada para teroris bagaimana situasi yang harus mereka hadapi. Hal ini merupakan sesuatu yang agak mengerikan rasanya dan sangat mungkin sekali untuk terjadi dalam situasi nyata.

Saya sudah cukup sering menonton film dengan tema serangan teroris. Tapi ini menurut saya film ini adalah yang paling intens dan menyentuh. Terutama karena film ini dibuat berdasarkan kejadian nyata. Hal itu membuat saya ngeri dan sedih.

Adegan paling menyentuh bagi saya adalah saat seorang teroris menyadari bahwa salah satu sanderanya juga merupakan sesama muslim yang terus mengucapkan doa. Hal itu menimbulkan konflik batin dalam diri sang teroris sehingga membuatnya menghentikan rencananya untuk membunuh si sandera. 

Film ini juga melihat dari sudut pandang para pelaku. Dimana mereka juga merasa bahwa ada sesuatu yang salah. Tapi mereka tetap melanjutkannya karena sudah terlanjur terjadi dan mereka pun sangat membutuhkan uang yang dijanjikan oleh pimpinan kelompok mereka.

Dalam film ini juga diperlihatkan bagaimana para pelaku ini sebenarnya adalah orang dengan pendidikan rendah dan hidup dalam kemiskinan sehingga mudah sekali untuk dipengaruhi dengan uang dan "surga". Ini menekankan pentingnya peran pendidikan dalam mencegah tumbuhnya gerakan-gerakan ekstrim yang mengarah kepada terorisme. 

Hal ini mengingatkan saya pada salah satu interview pada satu keluarga asal Indonesia yang sempat bergabung dalam ISIS. Serupa seperti para teroris dalam film ini, mereka berasal dari kalangan menengah kebawah dengan tingkat pendidikan rendah. Mereka terbang jauh ke Timur Tengah dan bergabung dengan ISIS setelah diiming-imingi dengan rumah, pekerjaan, serta "jannah". Sungguh fakta yang sangat menyedihkan sebenarnya.

Kesimpulan

Film ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu tonton. Dalam film ini kamu akan merasakan gimana tegangnya para staff dan tamu hotel yang dikepung oleh teroris. Akting para pemainnya yang all out membuat kamu bakal tenggelam dalam film ini dan merasakan bagaimana berada diposisi mereka. Secara keseluruhan, film ini benar-benar apik dan menegangkan. Sepanjang film berlangsung saya benar-benar merasa seperti diteror. Saya memberi nilai 9/10 untuk film Hotel Mumbai. Tapi mungkin untuk beberapa orang film ini akan sulit ditonton karena adegan penembakan dalam film ini benar-benar digambarkan secara brutal dan mengerikan. Kalau kamu gak begitu kuat untuk melihat adegan-adegan seperti itu lebih baik hindari saja film ini.

Penutup

Sekian sinopsis dan ulasan atau review dari film Hotel Mumbai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi kamu dalam menonton film. Bagaiama? tertarik untuk menonton film ini?

Post a Comment for "Sinopsis Hotel Mumbai (2018) Ulasan & Review Film"