Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Escape Room (2019) Ulasan & Review Film

Escape Room adalah sebuah film horor psikologis asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2019. Film ini disutradarai oleh Adam Robitel dan naskahnya ditulis oleh Bragi F Schut. Film ini cukup sukses meraup keuntungan dengan mengantongi kurang lebih 155 juta dolar dengan modal produksi hanya sebesar 9 juta dolar. Dalam artikel ini kami akan membahas sinopsis film Escape Room beserta dengan ulasan/reviewnya. Penasaran? Yuk lanjut!

Escape Room (2019)

Sinopsis Escape Room

Film ini dibuka dengan adegan beberapa orang yang memiliki latar belakang berbeda yang ditampilkan secara terpisah. Ada seorang mahasiswi pemalu, pegawai toko, dan seorang manajer. Mereka semua menjalani kegiatan sehari-hari mereka seperti biasa.

Tapi pada hari itu, masing-masing dari mereka mendapatkan sebuah kiriman misterius. Kiriman itu adalah sebuah kotak teka-teki yang cukup membingungkan. Walaupun demikian, mereka semua bisa menyelesaikan teka-teki yang ada pada kotak itu.

Mereka semua kemudian mendapatkan secarik kertas setelah menyelesaikan teka-teki pada kotak itu. Kertas itu merujuk pada sebuah alamat website yang berisi sebuah tantangan berhadiah 10.000 dolar.

Rupanya pengirim kotak teka-teki itu adalah sebuah perusahaan yang menawarkan tantangan game yang bernama Escape Room. Peraturan dari game ini cukup simpel, jadi para peserta akan ditempatkan pada sebuah ruangan yang didalamnya terdapat berbagai teka-teki yang harus diselesaikan untuk dapat keluar dari ruangan tersebut.

Akhirnya bertemulah orang-orang yang menerima kotak teka-teki sebelumnya untuk bergabung pada permainan Escape Room ini. Mereka semua pun dikumpulkan dalam satu ruangan untuk menyelesaikan teka-teki bersama-sama.

Tapi sayangnya, ini adalah awal dari bencana. Game Escape Room yang mereka coba bukanlah sebuah game biasa. Di ruangan penuh teka-teki ini para peserta harus mempertahankan nyawa mereka untuk bisa keluar.

Ulasan/Review

Inti cerita atau plot yang ditawarkan pada film ini klise banget dan udah sering diangkat ke layar lebar. Pada film ini para karakternya akan bermain pada sebuah permaianan yang taruhannya adalah nyawa mereka. Ada banyak banget film sejenis ini, sebut saja The Hunger Games (2012), SAW (2004), Exam (2009), Cube (1997), dan masih banyak lagi deh pokoknya. Jadi ide ceritanya enggak unik sebenernya.

Tapi dalam sebuah film, bagi saya ide cerita yang original dan unik bukanlah segalanya. Yang paling penting dalam sebuah film itu adalah eksekusi dari cerita itu sendiri. 

Lalu bagaimana dengan eksekusi cerita pada film ini? Menurut saya eksekusinya lumayan bagus dan bisa membuat saya terhibur. Dalam film ini kita akan dibawa untuk menyelesaikan teka-teki misterius yang terdapat pada tiap ruangan. Para peserta harus bisa mencari clue bagaimana cara keluar dari ruangan.

Ada beberapa unsur yang rasa takut yang disuguhkan pada film ini seperti ruangan sempit, ketinggian, ruangan terbalik, dan suhu ekstrim. Semua unsur itu digabungkan dalam bentuk tantangan pada film ini. Hal ini cukup buat saya merasa agak ngeri juga.

Escape Room (2019)

Akting para pemainnya gak terlalu bagus, tapi juga gak jelek amat. Akting karakter Zoey lumayan menarik perhatian saya. Terutama pas awal-awal pada adegan di ruangan kelas. Saat si Zoey ini kesulitan untuk berbicara dan suaranya yang bergetar ini bener-bener keren sih. Selain karakter Zoey, karakter-karakter lain aktingnya gak begitu menonjol.

Thrill yang diberikan oleh film ini sangat intens dari awal sampai akhir. Sepanjang film ini berlangsung kita dibawa untuk tegang. Tapi sayangnya endingnya agak mengecewakan. Soalnya seperti dipaksakan agar ngasih ruang buat sekuel, jadinya malah agak mengganggu. 

Ada beberapa twist yang ditawarkan di dalam film ini, tapi sayangnya impactnya kurang. Jadi gak menimbulkan kesan kaget atau gimana. Twistnya itu kesannya datar aja gitu.

Kesimpulan

Walaupun plot ceritanya agak klise, film ini cukup menghibur untuk ditonton. Sepanjang film kita akan disuguhkan berbagai adegan menegangkan yang intens. Tapi sayangnya endingnya agak maksa untuk ngasih ruang buat sekuel yang malah agak mengganggu saya. Di dalam film ini ada beberapa twist yang dihadirkan, tapi sayang kesan yang diberikan tak begitu terasa. Well, secara umum film ini lumayanlah. Maka dari itu saya memberikan nilai 7/10.

Penutup

Begitulah sinopsis dan ulasan/review dari film Escape Room. Secara umum film ini menurut saya cukup menghibur dan menegangkan. Lumayanlah untuk mengisi waktu santai. Kalau menurut kamu gimana?

Post a Comment for "Sinopsis Escape Room (2019) Ulasan & Review Film"