Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Shironeko Project Zero Chronicle: Cahaya vs Kegelapan

Shironeko Project: Zero Chronicle adalah sebuah anime aksi fantasi yang tayang pada musim semi 2020. Anime ini menceritakan tentang seorang pemuda yang memiliki tekad untuk menjadi raja kegelapan setelah mengalami kejadian mengerikan.

Shironeko Project Zero Chronicle

Anime ini dibuat beradasarkan sebuah game RPG dengan judul sama yang dapat dimainkan pada platform mobile seperti Android dan iOS. Serial anime ini diproduksi oleh studio Project No.9. Serial ini tayang perdana pada tanggal 6 April 2020.

Sinopsis:

Di dunia ini terdapat dua buah kerajaan, yaitu: Kerajaan Cahaya yang mengambang di atas langit dan Kerajaan Kegelapan berada di atas tanah. Kedua kerajaan ini memiliki peran dalam menjaga keseimbangan anatar cahaya dan kegelapan.

Tapi belakangan ini, raja kegelapan gagal dalam menjaga keseimbangan itu. Hal itu berdampak pada merajalelanya kekuatan gelap dan bangkitnya monster-monster. Hal itu membuat banyak rakyat yang hidup di kerajaan kegelapan menjadi kehilangan nyawa.

Pada hari itu, suatu desa dalam daerah kerajaan kegelapan tiba-tiba di serang oleh sekawanan monster. Para warga desa berusaha sekuat tenaga untuk menghadang monster-monster yang datang.

Selagi warga desa berusaha menghalau monster yang menyerang, seorang pemuda berusaha mengambil peran untuk menyelamatkan anak-anak yang berada di desa. Dengan sekuat tenaganya, pemuda itu membawa anak-anak desa lari dan menjauh dari ancaman monster. Mereka mencoba berlari secepat mungkin menuju ke tempat yang aman.

Sayangnya usaha mereka tak mebuahkan hasil. Para monster berhasil mengejar dan menghabisi nyawa anak-anak itu.

Sang pemuda hanya mampu menyelamatkan satu orang anak yang tak lama kemudian meninggal karena sakit.

Kejadian itu meninggalkan luka yang mendalam bagi pemuda itu. Dia berlarut-larut dalam kesedihan dan rasa sakit. Hanya dirinya seorang yang bertahan hidup di desa tersebut. Para warga yang tadinya berusaha menghalau monster, semuanya telah tewas.

Dalam kesedihannya, pemuda itu mengutuk raja kegelapan yang tak mampu melindungi wilayahnya. Sejak saat itu, dia bertekad untuk pergi menuju pusat kerajaan kegelapan dan memperbaiki keadaan dengan menjadi seorang raja pada kerajaan kegelapan.

Review singkat

Anime ini membawa cerita yang cukup berat dengan kesan yang gelap. Shironeko Project: Zero Chronicle tampaknya mencoba untuk kembali pada format fantasi yang "old-school", sebelum era isekai menjamur. Anime ini mencoba untuk membawa kesan cerita yang serius. Tema putih melawan hitam. Terang melawan gelap.

Sebenarnya formula ini cukup simpel dan menarik. Tapi sayangnya dibawakan dengan terlalu terburu-buru. Baik cerita maupun pengembangan karakternya terlalu cepat sehingga tak terbangun dengan baik. Hal itu malah membuat anime ini susah untuk dinikmati.

Sifat karakter utamanya menjadi tak begitu jelas karena alurnya terlalu tergesa-gesa. Tiba-tiba saja seorang pemuda antah berantah yang entah darimana asalnya, entah bagaimana orangnya, entah bagaimana latar belakangnya, eh tiba-tiba pengen jadi raja.

Selain itu karakternya juga terlalu banyak. Yang malah membuat anime ini semakin sulit untuk saya nikmati. Banyaknya jumlah karakter membuat anime ini sulit untuk fokus pada karakter utamanya. Padahal yang pengen saya tonton itu aksi dan pengembangan karakter dari tokoh utamanya, bukan tokoh sampingan.

Tak hanya anime ini sih, pokoknya anime yang karakternya terlalu banyak itu kurang saya sukai. Kecuali jika jumlah episodenya agak panjang seperti Naruto atau Fullmetal Alchemist, bolehlah dikenalin karakternya satu-satu. Tapi ini jadi masalah kalau jumlah episodenya hanya sedikit seperti Shironeko Project: Zero Chronicle. Akibatnya karakter yang banyak ini jadi mubazir dan tak membawa dampak sama sekali.

Secara umum, saya pribadi kurang suka sih sama anime ini. Mungkin boleh dicoba sih buat kamu yang udah jenuh sama genre fantasi isekai dan lagi nyari fantasi murni tanpa embel-embel isekai.

Anime ini bisa ditonton gratis lho di channel Muse Asia. Bisa langsung nonton dibawah karena videonya sudah saya embed disini.

Post a Comment for "Sinopsis Shironeko Project Zero Chronicle: Cahaya vs Kegelapan"