Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Anime Arte: Perjuangan Menjadi Seorang Pelukis Wanita

Arte adalah sebuah anime drama asal Jepang yang tayang pada season spring 2020. Anime ini merupakan adaptasi manga karya Kei Ohkube yang terbit pada majalah sejak tahun 2013. Sampai saat ini manganya sendiri sudah terbit sebanyak 11 volume.

Anime Arte Poster

Serial anime ini mulai tayang perdana pada tanggal 4 April 2020. Dan sampai artikel ini terbit, anime Arte sudah mencapai episode ke-5. Anime ini diproduksi oleh studio Seven Arcs yang juga merupakan studio yang memproduksi anime Sekirei dan Dog Days.

Sinopsis

Di kota Florance, Italia pada abad ke-16 yang merupakan era renaisans, hiduplah seorang putri bangsawan bernama Arte. Era renaisans adalah era peralihan dari abad pertengahan menuju peradaban modern. Pada masa ini terjadi perkembangan signifikan pada ilmu pengetahuan dan dunia seni.

Era ini merupakan era kejayaan karya seni. Karya seni menjadi sangat diperhatikan pada masa ini. Banyak seniman besar yang lahir pada masa ini.

Sebagai bangsawan, sejak kecil seluruh kebutuhan Arte selalu dipenuhi oleh orang tuanya. Terutama oleh ayahnya. Ayahnya selalu memberikan yang terbaik bagi Arte. Dia tak banyak menuntut dan selalu mementingkan kebahagiaan anaknya.

Ayahnya lah yang mengenalkan Arte dengan dunia melukis. Ayahnya bahkan sampai mendatangkan guru untuk mengajari Arte melukis.

Arte ternyata sangat menyukai kegiatan ini. Setiap ada kesempatan, dia akan menghabiskan waktunya untuk melukis. Arte selalu bahagia saat melukis, dia selalu tersenyum lebar saat menggoreskan kuasnya. Hal itulah yang membuat ayahnya terus memfasilitasi kegiatan melukis Arte.

Walaupun sempat ditentang oleh ibunya, tapi ayah Arte tetap mendukungnya untuk melukis.

Namun sebulan yang lalu, Ayah Arte meninggal dunia. Sejak saat itu, ibunya yang sudah sejak awal tak setuju dengan kegiatan melukis Arte, mulai menentangnya. Ibunya bahkan membakar sketsa-sketsa gambar yang telah Arte buat.

Ibunya ingin agar Arte mulai menghentikan kegiatan melukisnya dan fokus mencari suami. Terlebih sepeninggal ayahnya, keluarga mereka tak memiliki daya tawar besar bagi keluarga bangsawan lain. Agar keluarga mereka bisa tetap hidup sejahtera, ibunya ingin Arte harus segera mencari suami dari kalangan bangsawan lain.

Tapi Arte tak ingin hal itu terjadi. Dia tak ingin berhenti melukis. Dia tak ingin menikah jika hanya akan berakhir menjadi burung di dalam sangkar. Arte lebih memilih hidup di jalanan daripada harus berhenti melukis dan hidup dalam kekangan.

Tekadnya sudah bulat. Arte memutuskan untuk pergi ke kota dan meninggalkan kehidupannya sebagai bangsawan. Dia memilih untuk hidup sebagai seorang seniman wanita.

Tapi perjalanan yang akan dilaluinya tak mudah. Terlebih karena dia adalah seorang wanita. Pada masa itu yang bisa menjadi seniman hanyalah seorang laki-laki. Tak ada tempat bagi wanita.

Tapi Arte tak menyerah, dia terus berusaha menggapai impiannya untuk menjadi seorang pelukis sungguhan. Mampukan Arte mencapai impiannya?

Review Singkat

Awalnya saya agak ragu sih untuk nonton anime ini karena tampak meragukan dan kurang menarik. Tapi coba tonton aja, mumpung tayang legal di channel youtube Muse Asia.

Tapi ternyata ekspektasi saya salah. Anime ini sangat menarik untuk diikuti. Temanya sangat unik dan baru untuk anime. Temanya menyangkut kesetaraan gender, dimana dalam anime ini, karakter utamanya Arte kesulitan menjadi seorang pelukis karena dia adalah seorang wanita. Baru kali ini saya nonton anime yang mengangkat tema ini.

Jika biasanya karakter perempuan dalam anime hanya digunakan sebagai fanservice belaka atau untuk objek eksploitasi unsur echi. Anime ini membalikkan itu semua, anime ini benar-benar menekankan pada perjuangan Arte yang berusaha menjadi pelukis wanita, mendobrak norma pada masa itu. Jarang-jarang ada anime yang mengangkat tema emansipasi wanita.

Kualitas grafis anime ini juga memanjakan mata. Gerakan karakternya sangat mulus. Animasi latarnya juga digambarkan secara detil dan teliti. Bangunan-bangunan eropa era abad pertengahan juga ditampilkan secara ciamik.

Anime layak banget buat kamu tonton. Terutama buat yang suka sama sejarah dan seni. Mungkin dari anime ini kamu bisa belajar tentang eropa era renaisans serta pengetahuan seputar dunia seni lukis. Kalo mau dibandingkan dengan anime lain, mungkin anime Arte mirip dengan Violet Evergarden. Tapi versi yang lebih santai.

Informasi Lebih Lanjut

Judul: Arte (dalam bahasa Jepang:  アルテ )
Episode: 12
Tayang perdana: 4 April 2020
Musim tayang: Spring 2020
Studio: Seven Arcs
Sumber asli: Manga
Genre: Drama, Historical, Romance, Seinen, Slice of Life
Durasi: 24 menit per episode
Rating: PG-13
Skor MAL: 7.12

Karakter Utama

Arte

  • Arte

Seorang wanita keturunan bangsawan yang memiliki impian untuk menjadi seorang seniman lukis wanita. Dia berusaha untuk mencapai impiannya walaupun itu hal yang sangat sulit. Dia tak ingin menjadi seekor burung dalam sangkar. Dia ingin menjadi seorang wanita bebas dan independen yang tak bergantung pada orang lain.

Leo

  • Leo

Merupakan seorang pelukis yang cukup disegani di kota tempatnya tinggal. Dia terkenal galak dan serius dalam melukis. Saat kecil dia hanyalah seorang pengemis di jalanan. Tapi berkat kerja keras dan bakatnya, dia berhasil menjadi seorang pelukis. Dia menerima Arte sebagai asistennya setelah melihat tekad Arte yang kuat.

Post a Comment for "Sinopsis Anime Arte: Perjuangan Menjadi Seorang Pelukis Wanita"