Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Film Moneyball (2011): Perjuangan Membentuk Tim yang Tangguh

Moneyball adalah sebuah film drama olahraga asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Bennet Miller, sedangkan naskahnya ditulis oleh Steven Zaillian bersama dengan Aaron Sorkin. Film ini dibuat berdasarkan buku karya Michael Lewis dengan judul yang sama terbitan tahun 2003.

Sinopsis Film Moneyball (2011)

Film Moneyball mengisahkan tentang seorang manajer sebuah tim baseball kecil bernama Oakland Athletics pada musim 2002 yang berusaha mengumpulkan pemain-pemain buangan untuk membuat suatu tim yang tangguh.

Pada film ini Brad Pitt berperan sebagai seorang manajer bernama Beane yang ditemani asistennya, Peter Brand yang diperankan oleh Jonah Hill. Mereka berdua mencoba mendobrak cara lama dalam menemukan pemain baseball yang handal. Mereka mencoba menggunakan metode baru, yaitu dengan memakai pendekatan statistika.

Sinopsis Film Moneyball (2011)

Moneyball tayang perdana di Toronto International Film Festival 2011 dan kemudian dirilis secara resmi di layar bioskop Amerika Serikat pada tanggal 23 September 2011. Film ini kemudian menuai pujian dari para kritikus.

Tak hanya itu, film ini juga berhasil mendapatkan enam nominasi pada ajang bergengsi Academy Awards (Oscar). Beberapa diantaranya termasuk kategori Best Picture, Best Adapted Screenplay, Best Actor untuk Brad Pitt dan Best Supporting Actor untuk Jonah Hill.

Moneyball juga berhasil meraih kesuksesan finansial dengan meraup keuntungan sebesar 110 juta dolar dengan bermodalkan budget produksi kurang lebih sebesar 50 juta dolar.

Sinopsis

Pada tahun 2001, tim baseball medioker, Oakland Athletics, mengalami kekalahan setelah menghadapi tim raksasa, New York Yankees yang membuat Oakland Athletics gagal lolos play off kejuaraan.

Bagaikan peribahasa "sudah jatuh tertimpa tangga", tak hanya mengalami kekalahan yang pahit, Oakland Athletics juga harus kehilang tiga pemain pilarnya yang dibajak oleh tim kaya yang datang dengan tawaran yang lebih menjanjikan. Manajer Oakland, Billy Beane merasa bahwa kesal dengan hal itu. Dengan keadaan seperti itu, mustahil rasanya tim kecil medioker tanpa dana besar bisa menang atas tim raksasa nan kaya.

Kemudian Beane bertemu dengan seorang sarjana ekonomi lulusan Yale, Peter Brand yang menawarkan cara lain dalam melihat potensi pemain, yaitu dengan menggunakan pendekatan statistika. Dengan metode yang digunakan Peter Brand, Beane bisa melihat banyak sekali pemain yang memiliki harga rendah (undervalue) namun memiliki statistik yang sangat baik, bahkan beberapa diantaranya memiliki statistik yang lebih baik dibandingkan pemain bintang yang mahal.

Dengan menggunakan perhitungan Peter Brand, Beane kemudian merombak ulang timnya. Namun yang terjadi malah bencana. Pada awal musim setelah melakukan perombakan tim, Oakland Athletics malah mengalami kekalahan beruntun tanpa memenangkan satu pertandingan pun dan tenggelam di dasar klasmen. Apa yang salah? kenapa metode yang yang digunakan tidak bekerja? Mampukah Beane mendongkrak performa timnya? Akankah dia menjadikan Oakland Athletics menjadi tim yang tangguh?

Informasi Tambahan

Sutradara: Bennett Miller
Naskah: Steven Zaillian, Aaron Sorkin
Pemeran utama: Brad Pitt, Robin Wright, Jonah Hill
Negara: Amerika Serikat
Bahasa: Inggris
Tanggal rilis: 23 September 2011 (Amerika Serikat)
Durasi: 2 jam 13 menit
Genre: Biography, Drama, Sport
IMDB rating: 7,6/10
Informasi lebih lanjut: IMDB - Moneyball (2011)

Post a Comment for "Sinopsis Film Moneyball (2011): Perjuangan Membentuk Tim yang Tangguh"