Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Anime Suzumiya Haruhi: Perempuan Aneh yang Menjadi Poros Alam Semesta

Suzumiya Haruhi adalah serial light novel karangan Nagaru Tanigawa yang diilustrasikan oleh Noizi Ito. Serial light novel ini pertama kali terbit di Jepang pada tahun 2003 dengan judul The Melancholy of Haruhi Suzumiya yang kemudian dirilis dalam sepuluh volume.

Poster

Serial light novel ini kemudian menjadi sukses dan mendapatkan adaptasi manga, serial anime televisi, sebuah anime movie dan video game. Antara tahun 2006 dan 2009 serial ini menjadi begitu populer. Tak hanya di Jepang, tapi juga di Asia dan di negara berbahasa Inggris.

Sinopsis Anime Suzumiya Haruhi

Pernah membayangkan memiliki seorang teman dekat yang mempunyai kekuatan seperti "Tuhan", yang mana alam semesta bergantung pada suasana hatinya? Itulah yang dihadapi oleh Kyon, seorang siswa yang baru saja memasuki bangku SMA.

Awalnya Kyon hanya ingin menikmati kehidupan SMA yang tenang dan damai. Namun semuanya berubah saat dia dekat dengan seorang perempuan aneh yang duduk dibelakangnya, Suzumiya Haruhi yang terobsesi dengan hal aneh seperti alien, penjelajah waktu, dan esper (individu dengan kekuatan supernatural).

Kyon diseret dan dipaksa oleh Haruhi untuk mendirikan sebuah klub ekstrakurikuler "gak jelas" yang diberi nama satuan SOS. Haruhi yang agak bar-bar, secara sembarangan menyeret orang lain (yang menurutnya aneh) untuk bergabung dengan klubnya, satuan SOS.

Pada awalnya tidak ada hal aneh yang terjadi dalam klub itu, walaupun kegiatannya agak tidak jelas. Namun segalanya mulai menjadi aneh saat rekan Kyon di satuan SOS, Nagato Yuki, mengaku bahwa dia adalah seorang alien yang sedang mengamati gerak gerik Suzumiya Haruhi.

Haruhi, Yuki

Tentu saja Kyon hanya menganggapnya sebagai angin lalu dan candaan semata. Tapi hal aneh tak berhenti begitu saja, rekannya di satuan SOS lainnya, Asahina Mikuru, malah mengaku sebagai penjelajah waktu. Tak cukup sampai disitu, anggota satuan SOS lainnya, Koizumi, juga mengaku sebagai esper.

Mereka semua mengaku sedang dalam misi mengamati dan menganalisa gerak gerik Suzumiya Haruhi yang diduga merupakan poros dari alam semesta. Bisa dibilang kedudukan Suzumiya Haruhi bagaikan "Tuhan", namun Haruhi sendiri tidak menyadari akan hal itu.

Hal-hal yang diharapkan oleh Haruhi dalam sekejap langsung terjadi. Jika dia ingin menghancurkan alam semesta, maka dengan mudah dia bisa saja melakukannya. Hal itulah yang harus dihadapi oleh Kyon setiap harinya. Dia bergaul dengan alien, penjelajah waktu, dan esper, serta harus bisa menjaga "mood" Haruhi agar tidak terjadi hal-hal mengerikan.

Informasi Anime Suzumiya Haruhi

Judul alternatif: The Melancholy of Haruhi Suzumiya
Sutradara: Tatsuya Ishihara
Produser: Hideaki Hatta, Atushi Itou
Studio: Kyoto Animation
Tayang: 2 April 2006 – 2 Juli 2006 & 3 April, 2009 – 9 Oktober, 2009
Episode: 14 (original), 28 (rebroadcast)
Genre: Comedy, Mystery, School, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 23 menit per episode
Rating: PG-13
Skor MAL: 7.9/10
Informasi lebih lanjut: MAL - Suzumiya Haruhi

Post a Comment for "Sinopsis Anime Suzumiya Haruhi: Perempuan Aneh yang Menjadi Poros Alam Semesta"