Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis & Review Brother of the Year (2018): Ribetnya Punya Saudara

Brother of the Year atau Nong, Pee, Teerak (น้อง.พี่.ที่รัก) adalah sebuah film drama komedi asal Thailand yang dirilis pada tahun 2018. Film ini disutradarai oleh Witthaya Thongyooyong. Brother of the Year mengisahkan kisah drama keluarga tentang hubungan antara seorang kakak dengan adiknya.

Sinopsis Film Thailand Brother of the Year (2018)

Film Brother of the Year dibintangi oleh Sunny Suwanmethanon yang sebelumnya terkenal karena perannya dalam film I Fine..Thank You..Love You (2014) yang sukses menjadi hits di Thailand. Selain itu dia juga membintangi film Heart Attack (2015).

Pada film ini Sunny Suwanmethanon akan beradu akting dengan aktris cantik Urassaya Sperbund. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh penyanyi Thailand, Nichkhun, yang merupakan anggota Boyband asal negeri ginseng Korea Selatan, 2PM.

Brother of the Year tayang perdana di bioskop Thailand pada 10 Mei 2018. Kemudian pada tanggal 28 Juni 2018, film ini menyusul tayang di bioskop Malaysia. Sedangkan pada bioskop Indonesia, film ini baru tayang pada tanggal 1 Agustus 2018.

Sinopsis:

Chut adalah seorang anak laki-laki tertua di keluarganya. Dari kecil dia sangat berharap untuk memiliki seorang adik laki-laki. Namun nyatanya, ibunya malah melahirkan seorang adik perempuan bagi Chut. Adik kecilnya itu bernama Jane. Usia mereka terpaut 5 tahun.

Walaupun merupakan kakak beradik, mereka berdua memiliki sifat yang berbeda 180 derajat. Chut adalah seorang dengan kepribadian pemalas, jorok, dan tak begitu pintar. Di sekolah pun, nilai Chut sangat buruk.

Sedangkan Jane memiliki sifat yang rajin, pandai, dan berbakat. Nilainya juga selalu bagus. Selain itu, Jane juga merupakan seorang anak yang multi talenta. Tak hanya jago soal belajar, dia juga pandai dalam bidang seni dan olahraga. Pokoknya, Jane benar-benar kebalikan dari Chut.

Mereka berdua terus tinggal bersama sejak kecil. Namun akhirnya mereka berpisah karena Jane memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Chut merasa bebas, dia tak lagi dibanding-bandingkan dengan adiknya. Kepergian adiknya membuat dia tinggal seorang diri pada sebuah rumah yang luas dengan bebasnya. Bahkan seringkali dia mengajak wanita yang baru dikenalnya ke rumah.

Sinopsis Film Thailand Brother of the Year (2018)

Namun ternyata waktu bebasnya terasa sangat singkat. Waktu empat tahun rupanya berlalu cukup cepat. Jane akhirnya menyelesaikan kuliahnya di Jepang. Dia pun harus kembali ke Thailand dan tinggal bersama kakaknya lagi. Jane cukup kerepotan mengurus kakaknya yang jorok dan doyan mabuk.

Chut bekerja sebagai Advertising Executive yang bertugas dalam mempersiapkan iklan bagi produk kliennya. Sedangkan Jane bekerja pada sebuah perusahaan yang menjual produk cairan pembersih.

Secara kebetulan ternyata perusahaan tempat Jane bekerja, menjalin kerja sama dengan perusahaan Chut dalam menyiapkan iklan bagi sebuah produk.

Kerja sama mereka dalam mengerjakan proyek perusahaan ternyata tidak berdampak baik bagi hubungan mereka. Yang ada malah sebaliknya, hubungan mereka malah memburuk karena proyek itu.

Bagaimanakah kisah hubungan mereka? Akankah Chut menjadi kakak yang baik bagi Jane? Atau malah sebaliknya?

Review

Awalnya, saya pikir film ini hanya bakal jadi sekedar film komedi tentang seorang kakak yang memiliki sifat overprotektif terhadap adiknya. Namun dugaan saya ternyata salah. Film ini tak cuma sekedar komedi tanpa makna. Film ini juga mengangkat tema drama keluarga yang menyentuh dan relatable banget buat kamu yang punya saudara kandung dan sering berantem sama kakak atau adek.

Sebagai kakak, Chut merasa bahwa dirinya hanya sekedar "bayangan" dari adiknya, Jane yang lebih pintar dan patuh. Chut yang memiliki sifat tak mau kalah malah bertingkah dengan terus menjahili Jane. Sifat tak mau kalah ini bahkan keterusan sampai dewasa. Hal ini membuat hubungan mereka jadi tak begitu akur.

Jane dengan kepintarannya berhasil menamatkan studinya di luar negeri. Sedangkan Chut, walaupun hidup tak teratur sebagai orang dewasa, dia cukup sukses dengan caranya sendiri.

Konflik mulai terjadi saat perusahaan tempat Chut dan Jane bekerja, secara kebetulan sedang bekerja sama memproduksi sebuah iklan untuk produk pembersih pakaian. Sifat mereka yang tak akur pun terbawa-bawa sampai ke ranah profesional. Bahkan situasi semakin runcing saat Chut mengetahui bahwa Jane ternyata berpacaran dengan rekan kerjanya.

Chut yang tak setuju dengan hubungan yang dimiliki oleh adiknya mulai melakukan interupsi dan ancaman. Hal itu membuat hubungan mereka menjadi rumit. Bahkan sampai mempengaruhi profesionalitas pekerjaan mereka.

Hubungan adik kakak antara Chut dan Jane berada pada titik paling rendah.

Sejak bagian ini, alur cerita menjadi lebih serius dan berfokus pada hubungan Chut dan Jane secara lebih emosional. Walau terlihat dingin, Jane sangat sayang dan peduli dengan kakaknya. Namun disisi lain, perlakuan baik Jane malah membuat Chut merasa dikasihani dan tak berguna.

Brother of the Year sukses menghadirkan rumitnya hubungan antara kakak beradik nan menyentuh. Secara umum, bagian komedinya cukup lucu dan bagian drama juga mampu mengaduk emosi. Film ini mempunyai banyak pesan yang dapat diambil sehingga layak banget untuk kamu tonton. Apalagi film ini juga terasa sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Informasi Tambahan

Judul asli: Nong, Pee, Teerak (น้อง.พี่.ที่รัก)
Sutradara: Witthaya Thongyooyong
Naskah: Nontra Kumwong, Tossaphon Riantong
Pemeran utama: Sunny Suwanmethanont, Urassaya Sperbund, Nichkhun
Negara: Thailand
Bahasa: Thai, Jepang, Inggris
Tanggal rilis: 1 Agustus 2018 (Indonesia)
Durasi: 2 jam 5 menit
Genre: Comedy, Drama, Romance
IMDB rating: 6,8/10
Informasi lebih lanjut:  IMDB - Brother of the Year (2018)

Post a Comment for "Sinopsis & Review Brother of the Year (2018): Ribetnya Punya Saudara"