Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Film Her (2013): Pacaran dengan Komputer?

Her adalah sebuah film drama sci-fi romantis asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2013. Pada film ini Spike Jonze merangkap menjadi sutradara, penulis naskah, serta produser. Film Her, menceritakan tentang Theodore Twombly (Joaquin Phoenix), seorang pria yang menjalin hubungan dengan Samantha (Scarlett Johansson), sebuah artificial intelligent asisten virtual yang memiliki kepribadian dengan suara perempuan. Film ini juga dibintangi oleh Amy Adams, Rooney Mara dan Olivia Wilde.

Sinopsis Film Her

Ide awal tentang film ini sudah muncul di benak Jonze pada awal tahun 2000-an, setelah membaca sebuah artikel tentang website yang menyediakan layanan pesan singkat (chatting) dengan sebuah program artificial intelligence.

Setelah membuat sebuah film pendek dengan tema serupa yang berjudul I'm Here (2010), Jonze kembali memikirkan ide itu. Dia akhirnya membuat naskah film Her yang memakan waktu selama lima bulan. Pengambilan gambar film ini berlokasi di Los Angeles dan Shanghai pada pertengahan 2012.

Film Her tayang perdana di New York Film Festival pada 12 Oktober 2013. Warner Bros Pictures awalnya hanya merilis film ini secara terbatas di enam layar bioskop pada 18 Desember 2013. Sebelum akhirnya dirilis secara luas pada lebih dari 1700 layar bioskop di Amerika Serikat dan Kanada pada 10 Januari 2014.

Sinopsis Film Her

Dari hasil penayangannya di layar bioskop, film Her memperoleh pendapatan sebesar 48 juta dolar Amerika Serikat dengan biaya produksi sebesar 23 juta dolar Amerika Serikat.

Film Her mendapatkan lima nominasi pada Academy Awards (Oscar) ke-86, termasuk pada kategori Best Picture dan berhasil memenangkan kategori Best Original Screenplay. Pada tahun 2016 BBC melakukan polling terhadap 177 orang kritikus film dari seluruh dunia dan Her berhasil meraih posisi ke-84 dalam daftar film terbaik sejak era 2000.

Sinopsis Film Her (2013)

Theodore adalah seorang pria introvert yang memiliki profesi sebagai penulis "surat pribadi" sesuai pesanan pelanggan. Dia hidup dimasa depan, dimana teknologi sudah serba canggih. Hampir semua teknologi yang dipakai menggunakan aktivasi perintah suara.

Theodore sedang menghadapi masalah pelik, dimana dia sedang berada pada tahap akhir perceraian dengan istrinya. Untuk menghadapi rasa kesepiannya, Theodore menghabiskan waktu dengan bermain video game dan sesekali nongkrong dengan temannya.

Sinopsis Film Her

Namun hal itu tak cukup untuk menghilangkan rasa sepinya. Theodore kemudian memutuskan untuk membeli sebuah sistem operasi yang bernama OS1. OS1 ini adalah sebuah AI (Artificial Intelligence) asisten virtual yang memiliki kepribadian.

Nah, OS yang dibeli oleh Theodore ini memiliki suara wanita dan menamai dirinya Samantha. Waktu demi waktu berlalu, Theodore menjadi dekat dengan OS-nya, Samantha. Semakin lama semakin dekat, dan Theodore akhirnya malah menyadari bahwa dia telah jatuh cinta pada sebuah AI.

Namun disisi lain, Theodore memiliki keraguan atas hubungannya dengan Samantha. Bagaimana sih kisahnya? Kok bisa seseorang jatuh cinta dengan sebuah OS?

Trailer Film Her (2013)

Informasi Film Her (2013)

Sutradara: Spike Jonze
Naskah: Spike Jonze
Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Amy Adams, Scarlett Johansson
Negara: Amerika Serikat
Bahasa: Inggris
Tanggal rilis: 12 Maret 2014 (Indonesia)
Durasi: 2 jam 6 menit
Genre: Drama, Romance, Sci-Fi
IMDB rating: 8/10
Informasi lebih lanjut: IMDB - Her (2013)

Post a Comment for "Sinopsis Film Her (2013): Pacaran dengan Komputer?"