Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Searching (2018): Kasus Misterius Hilangnya Seorang Anak

Film Searching adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2018. Film Searching ini menceritakan tentang sebuah kasus seorang anak hilang, dimana untuk menelusuri hilangnya anak itu, sang ayah berusaha menelusuri dan menyelidikinya menggunakan berbagai petunjuk dari akun media sosial dan berbagai fasilitas online yang tersedia di internet.

Sinopsis Film Searching

Film ini dibuka dengan menampilkan foto dan video yang memperlihatkan kehidupan keluarga Korea-Amerika yang terdiri dari David Kim dan istrinya Pam, mereka berdua memiliki seorang anak perempuan bernama Margot. Sejak kecil Margot sudah diajarkan oleh ibunya bermain piano, Margot pun sangat menyukainya.

Pam kemudian didiagnosis menderita limfoma (kanker darah), dia berusaha untuk sembuh dengan melakukan berbagai cara. Keadaannya sempat membaik tapi sayangnya hal itu tak berlangsung lama, penyakitnya kembali kambuh, keadaannya pun semakin memburuk. Oleh karena itu Pam harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun sayangnya dia tak mampu bertahan cukup lama. David dan Margot terus mendampingi dan menemani Pam sampai akhirnya dia meninggal pada 2015.


Kemudian cerita berlanjut beberapa tahun setelah kematian Pam. David melihat tumpukan sampah belum dibuang yang seharusnya menjadi tugas Margot, David kemudian memperingatkan Margot melalui chat, tak puas hanya dengan chat, dia kemudian melakukan panggilan vidio call. Saat itu Margot sedang berlajar kelompok dirumah temannya dan akan pulang larut.

Pada malam yang sama, ketika David sedang tidur, dia mendapatkan dua panggilan telepon dari Margot, namun David yang sedang tertidur pulas tak mengangkatnya. Pada pagi harinya David kembali mengirim pesan kepada Margot karena sampah yang seharusnya menjadi tugas Margot belum juga dibuangnya.

Beberapa jam kemudian, dia masih belum mendengar kabar dari Margot. Setelah bekerja, dia mencoba menghubungi Margot, tetapi dia tidak pernah menjawab teleponnya. Dia pikir Margot mungkin berada di tempat kursus piano, jadi dia menelfon instruktur piano Margot, untuk memastikan dimana Margot berada. Namun ternyata instruktur piano itu mengatakan hal yang mengejutkan, Margot rupanya telah 6 bulan tidak mengikuti kursus piano lagi, padahal David secara rutin memberi Margot uang untuk biaya kursus piano. David mulai berfirasat buruk tentang Margot.

David mulai khawatir. Dia mencari nomor teman sekelas Margot dari daftar kontak lama Pam. Dia kemudian menemukan kontak teman masa kecil Margot, Ishak. David mencoba menelfon kontak itu dan berbicara dengan ibu Ishak, yang memberi tahu David bahwa Ishak dan teman-temannya pergi melakukan perjalanan ke pegunungan, jadi mungkin Margot bersama mereka.

Setelah menunggu mereka kembali dari gunung, David berhasil menghubungi Ishak, yang mengatakan kepadanya bahwa Margot tidak bersama mereka. Ishak memang mengundang Margot, tapi dia menolak dan tidak pernah datang.

David yang panik kemudian membuat laporan orang hilang pada polisi. Dia lalu berbicara dengan Detektif Rosemary Vick, detektif terkenal, yang ditugaskan untuk menangani kasus ini. Dia memberi tahu David untuk menghubungi siapa pun yang mungkin dekat dengan Margot atau tahu di mana dia terakhir kali terlihat.

David yang tak kenal dengan teman-teman anaknya kemudian berusaha mencari petunjuk dari akun media sosial milik Margot. Dia menghubungi satu persatu teman Margot di media sosial, tapi mereka semua tak satupun yang dekat dengan Margot, dari sana David malah baru mengetahui kalau anaknya itu adalah seorang penyendiri dan tak memiliki teman dekat.

Hasil penyelidikan Vick mengarah pada kesimpulan bahwa Margot melarikan diri. Vick menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan Margot meninggalkan sebuah pompa bensin dan menuju ke luar kota. Vick juga mengirimi David identitas palsu yang tampaknya digunakan Margot. Ditambah pula dengan fakta bahwa David menemukan jejak transaksi sebesar 2.500 US dolar dari rekening Margot.

David tak begitu saja percaya dengan omongan Vick, dia berusaha mencari informasi lebih lanjut tentang anaknya dengan mengutak atik riwayat kunjungan web di laptop Margot. David kemudian menemukan situs YouCast, dimana disana Margot memiliki beberapa vidio live streaming. David kemudian memeriksa satu per satu vidio Margot, dia menemukan seseorang bernama Hannah, yang nama penggunanya adalah "fish_n_chips". Hannah terus berhubungan dengan Margot selama beberapa bulan melalui layanan live streaming itu. Hannah ini mengaku kalau ibunya sakit dan membutuhkan biaya cukup banyak sehingga membuatnya putus sekolah. David menuruh Vick untuk menyelidiki Hannah, namun hasilnya nihil, pada saat hari hilangnya Margot, Hannah dikonfirmasi sedang bekerja.


David kemudian memperhatikan salah satu video Margot tentang sebuah danau, dimana Margot mengatakan kalau itu adalah tempat favoritnya. David lalu mencocokkan gambar itu dan akhirnya menemukan kalau danau dalam video Margot adalah danau Barbosa. David kemudian mencocokkan lokasi terakhir Margot yang terlihat dari CCTV dan menemukan fakta kalau itu adalah arah jalan menuju danau Barbosa. David langsung bergegas menuju danau itu, disana dia menemukan gantungan kunci Pokeball milik Margot, yang memastikan bahwa Margot ada di sana. Hal itu tentu membantah kesimpulan Vick yang mengatakan kalau Margot melarikan diri.

Pada pagi harinya, pihak berwenang menemukan mobil Margot di dasar danau dan mengangkatnya ke permukaan. Di dalam mobil itu terdapat amplop berisi uang 2500 US dolar, tetapi Margot tidak ditemukan di dalam mobil itu. Selain itu terdapat sedikit bekas darah di dasbor mobil.

Berita menghilangnya Margot menyebar dan menjadi viral. Kasus hilangnya Margot ini mendapatkan berbagai tanggapan dari media sosial.

David melihat-lihat foto saat mobil Margot ditemukan. Setelah diperiksa lebih dekat, ia melihat jaket hoodie di kursi depan mobil yang merupakan milik saudara laki-lakinya, Peter. David juga memeriksa pesan-pesan Margot dan Peter, dari sana David mencurigai Peter melakukan sesuatu yang mencurigakan dengan Margot.

David lalu mengunjungi Peter dan memasang kamera di rumahnya untuk mencoba dan mendapatkan pengakuan darinya. David bertanya kepada Peter kapan dia terakhir melihat Margot, dan dia tampaknya menghindari pertanyaan itu. David yang kesal pertanyaannya tak dijawab langsung emosi dan mendorong Peter. Barulah kemudian Peter mengaku kalau dia sebenarnya memberi Margot ganja. Beberapa bulan ini mereka merahasiakannya dari David.

Telepon David berbunyi, ternyata itu adalah panggilan dari Vick yang mengatakan kepadanya bahwa mereka telah mendapatkan tersangka. David menangis ketika dia mendengarkan pesan suara itu. Berita itu melaporkan bahwa seorang mantan narapidana, telah mengaku membunuh Margot sebelum melakukan aksi bunuh diri. Sebuah video pengakuannya diperlihatkan, di mana dia dengan penuh air mata meminta maaf atas apa yang dia katakan telah dilakukannya pada Margot.

Sinopsis Film Searching

David tampaknya telah pasrah dengan keadaan, dia mengupload beberapa video Margot pada sebuah situs untuk kenangan. Namun ia melihat sebuah gambar yang tampak familiar di situs itu. Foto pada situs itu adalah Hannah, AKA fish_n_chips. Dia mencari gambarnya di Google dan menemukan bahwa gadis dalam gambar adalah seorang model katalog. David menelpon perusahaan tempat Hannah bekerja, dan dia berbicara kepadanya, tetapi Hannah malah tidak tahu siapa Margot atau apa YouCast itu.

David lalu mencoba menelepon Vick untuk menyelidiki lebih lanjut karena menurutnya ini sangat aneh. Tapi dia malah berbicara kepada seorang wanita dari kantor polisi yang mengatakan kepadanya bahwa Vick tidak ada di sana, dari sana dia mendapatkan fakta baru kalau ternyata Vick mengajukan diri untuk kasus ini alih-alih ditugaskan.

David kemudian menyelidiki lebih lanjut tentang Vick lewat internet, dia malah menemukan foto Vick bersama dengan tersangka narapidana yang membunuh Margot. Dengan informasi ini, David menghubungi kepala polisi karena mencurigai Vick.

Vick lalu ditangkap dan diintrogasi, dia mengakui bahwa semua yang dia lakukan adalah karena kesalahan yang dilakukan putranya Robert. Ternyata Robert telah menyukai Margot selama bertahun-tahun, dan kemudian dia secara tak sengaja menemukan Margot di YouCast, Robert lalu berhubungan berbulan-bulan dengan Margot melalui YouCast dan mengaku sebagai Hannah aka Fish_n_chips. Uang 2500 dolar yang dikirim Margot ternyata adalah untuk membantu Hannah dalam mengobati penyakit ibunya.

Robert yang menjadi tak enak menerima uang 2500 dolar itu, lalu berusaha menemui langsung Margot dan menjelaskan semuanya, namun Margot yang ketakutan langsung lari dan kabur sampai tepi ke jurang. Margot yang terpojok kemudian berusaha menyerang Robert, karena kaget, Robert secara reflek mendorong Margot hingga jatuh ke dalam jurang.

Robert yang ketakutan lalu menelpon ibunya untuk meminta bantuan, disanalah Vick mulai memainkan perannya dengan membuat konspirasi demi melindungi anaknya. Untunglah ternyata Margot masih hidup saat ditemukan dari dasar jurang.

Informasi Film Searching (2018)

Sutradara: Aneesh Chaganty
Naskah: Aneesh Chaganty, Sev Ohanian
Pemeran utama: John Cho, Debra Messing, Joseph Lee
Negara: Russia, Amerika Serikat
Bahasa: Inggris
Tanggal rilis: 24 Agustus 2018 (Indonesia)
Durasi: 1 jam 42 menit
Genre: Drama, Mystery, Thriller
IMDB rating: 7,7/10
Informasi lebih lanjut: IMDB - Searching (2018)

Trailer Film Searching (2018)

Post a Comment for "Sinopsis Searching (2018): Kasus Misterius Hilangnya Seorang Anak"