Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Feedback? Definisi dan Penggunaan Secara Umum

Mungkin kamu sudah sering sekali mendengar istilah Feedback. Dengan semakin berkembangnya zaman, maka teknologi semakin maju pula. Dimana sekarang ini kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan siapa pun, walaupun dari ujung utara bumi sampai selatan, ataupun dari ujung timur sampai ujung barat. Inilah yang dinamakan era globalisasi, era dimana seluruh dunia terhubung satu sama lainnya.

apa itu feedback

Dengan mudahnya akses komunikasi maka akan membuat arus informasi yang masuk menjadi sangat deras, yang mana kebanyakan informasi dari luar itu menggunakan bahasa inggris sebagai format internasional. Oleh karena itu pemakaian bahasa inggris akan terus meningkat. Nah, salah satu kata yang berasal dari bahasa inggris ini adalah kata "Feedback".

Apa itu feedback?

Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Feedback itu berarti "umpan balik" atau "arus balik". Dalam situs Cambridge Dictionary dijelaskan bahwa Feedback adalah:
information or statements of opinion about something, such as a new product, that can tell you if it is successful or liked
 yang artinya "informasi atau opini tentang sesuatu, misalnya seperti suatu produk baru, yang dapat menjelaskan bahwa produk itu sukses atau disukai".
reaction to a process or activity, or the information obtained from such a reaction
 yang artinya "reaksi terhadap suatu proses atau aktivitas, ataupun informasi yang diperoleh dari suatu reaksi"

Kata feedback ini memiliki beberapa sinonim kata yaitu, response (respon), reaction (reaksi), comment (komentar), critique (kritik), criticism (kritik), view (pandangan), opinion (opini), commentary (komentar), observation (pandangan), interpretation (interpetasi), evaluation (evaluasi).

Nah, berdasarkan dua definisi dan berbagai sinonim dari kata feedback diatas maka dapat disimpulkan bahwa feedback adalah opini, pendapat, pandangan, tanggapan, kritik maupun komentar tentang sesuatu, serta merupakan reaksi atas suatu kegiatan atau aktivitas.

Feedback ini dapat berupa tanggapan positif yang berisikan pujian serta pernyataan setuju, maupun tanggapan negatif berupa penolakan, kritikan, dan ketidak setujuan.

Penggunaan kata Feedback

  • Misal dalam suatu presentasi yang akan berakhir "Sekian presentasi dan pemaparan dari saya, jika ada pertanyaan ataupun feedback dari rekan-rekan semua, dipersilahkan untuk mengangkat tangan"
  • Pengalaman mimin nih kena ceramah dosen pas kuliah gara-gara mahasiswa pada pasif, gak ada yang nanya, kira-kira dosennya ngomong gini "Mahasiswa itu harus aktif, jangan cuma pasif disuapin terus sama dosen, setelah pemaparan atau penjelasan dari dosen itu kalian harus ngasih feedback berupa pertanyaan atau tanggapan yang berhubungan dengan topik terkait"
  • Pada website tertentu kadang juga terdapat menu feedback, yang jadi tempat untuk menyampaikan masukan terhadap situs itu.
  • Misalnya kamu beli suatu produk dari temen kamu, setelah beberapa hari ketemu lagi nih sama dia. "Bro gimana barang gua yang lu beli kemarin? kasih feedback dong" (kok jadi kayak dagang narkoba yak? wkwk)

Kesimpulan

Dari pemarapan diatas dapat disimpulkan bahwa feedback adalah informasi tentang reaksi terhadap produk, orang, isu, dsb, yang mana digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan performa atau kualitas. Feedback juga dapat berarti opini, pandangan, komentar, kritik, tanggapan, ataupun respon, yang mana hal itu tergantung pada konteks bahasan.

Feedback ini dibutuhkan sebagai bahan dasar evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, jasa, ataupun pribadi masing-masing.

Post a Comment for "Apa itu Feedback? Definisi dan Penggunaan Secara Umum"