Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis The Big Short (2015): Kaya Karena Krisis

Film The Big Short berkisah tentang krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008 lalu. Menceritakan tentang beberapa orang yang sudah memprediksi krisis ekonomi akan terjadi beberapa tahun sebelumnya dan mereka melakukan pertaruhan demi meraup keuntungan.

Film The Big Short ini akan cocok bagi orang yang tertarik dengan bidang ekonomi ataupun pelaku bidang ekonomi. Film ini tentu akan membosankan bagi yang lebih suka tembak-tembakan atau film laga penuh aksi, karena film ini membahas secara teknis tentang penyebab krisis yang terjadi di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

Sinopsis film the big short

Film ini menceritakan krisis yang terjadi melalui 3 pihak berbeda yang akan meraup keuntungan. Pihak pertama adalah seorang manager keuangan, Dr. Michael Burry. Pada tahun 2005 dia sudah memprediksi akan terjadinya krisis hebat beberapa tahun kedepan yang terjadi karena runtuhnya sektor properti KPR. Dia memprediksi hal itu setelah melihat laporan kredit macet yang tren persentasenya terus meningkat selama beberapa tahun belakangan. Karena itu dia memutuskan untuk membeli produk investasi swap senilai miliaran dolar ke berbagai bank. Swap disini adalah sejenis asuransi apabila kreditur mengalami gagal bayar, dalam kasus film ini adalah KPR tadi.

Kebijakan Burry sangat ditentang oleh petinggi perusahaannya, karena pada saat itu KPR sedang bagus-bagusnya dan peringkat investasinya termasuk paling aman karena berperingkat AAA dari lembaga pemeringkatan investasi Amerika Serikat.

Sinopsis film the big short

Pihak kedua dalam film ini adalah Jared Vennet seorang bankir di salah satu bank tempat Dr. Burry membeli swap. Dia juga berpikiran sama dengan Dr. Burry, dia juga berpikir krisis sangat mungkin terjadi. Karena itu dia ingin mencoba meraup keuntungan dan menawarkan produk investasi yang sama ke berbagai kliennya. Tapi sayangnya tak ada yang mau membeli produknya, dan kebanyakan malah menertawakannya.

Hanya Mark Baum dan timnya lah yang mau mendengar omongan Jared. Jared menjelaskan bahwa sistem KPR itu seperti piramida, sebenarnya KPR dengan rating AAA itu ditopang oleh KPR beresiko tinggi dengan rating B kebawah yang sangat rawan akan kredit macet.

Resensi film the big short

Mark Baum mencoba membuktikan omongan Jared, dia menyelidiki langsung pada makelar dan kreditur. Akhirnya didapat fakta bahwa ternyata Jared benar, syarat KPR ternyata sangat mudah, bahkan kreditur tidak perlu mengisi data penghasilannya, yang penting produk KPR banyak terjual.

Salah satu kreditur yang ditemui Baum bahkan memiliki 5 rumah dari hasil KPR, padahal pekerjaannya hanyalah sebagai penari telanjang.

Pihak ketiga adalah dua orang manager investasi yang baru saja memulai perusahaan investasi mereka sendiri, Jamie dan Charlie. Mereka mencoba memasuki wall street tapi usahanya selalu gagal, kemudian mereka tak sengaja menemukan paper tentang KPR setelah ditolak sebuah bank. Mereka melihat potensi keuntungan dari prediksi runtuhnya sektor KPR, dan dengan bantuan seorang mantan bankir, mereka berhasil membeli produk swap.

Review film the big short

Prediksi ketiga pihak ini akhirnya benar-benar terjadi, puncaknya pada tahun 2008 terjadilah krisis ekonomi di Amerika Serikat. Penyebabnya adalah persentase KPR macet yang semakin lama semakin tinggi. Bank kemudian menyita jutaan rumah, jutaan warga Amerika Serikat kehilangan rumah mereka.

Sesuai prinsip ekonomi, semakin banyak barang yang disediakan maka harganya akan semakin turun. Harga pasar properti pun menjadi anjlok. Akibatnya orang-orang menjadi membayar kredit yang jumlahnya lebih tinggi daripada harga rumahnya (karena nilai properti saat itu benar-benar anjlok). Oleh sebab itu kebanyakan orang yang memilih membiarkan kreditnya macet.

Dampaknya, banyak bank yang bangkrut, jutaan orang kehilangan pekerjaan. Pemerintah pun terpaksa mengeluarkan dana talangan yang diambil dari dana pensiun jutaan warga AS dan obligasi.

Sedangkan ketiga pihak ini meraup keuntungan yang sangat besar dari swap yang mereka borong, cukup ironi sebenarnya, mengambil keuntungan saat orang-orang kehilangan rumah dan pekerjaan mereka.

Informasi Film The Big Short (2015)

Sutradara: Adam McKay
Naskah: Charles Randolph, Adam McKay
Pemeran utama: Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling
Negara: USA
Bahasa: Inggris
Tanggal rilis: 13 Januari 2016 (Indonesia)
Durasi: 2 jam 10 menit
Genre: Biography, Comedy, Drama
IMDB rating: 7,8/10
Informasi lebih lanjut: IMDB - The Big Short

Post a Comment for "Sinopsis The Big Short (2015): Kaya Karena Krisis"