Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Nobody Knows/Dare mo Shiranai (2004): Kisah Empat Anak Terlantar

Film Nobody Knows atau Dare mo Shiranai adalah film Jepang yang disutradarai oleh Hirokazu Koreeda dan dirilis pada tahun 2004. Film Nobody Knows menceritakan tentang empat orang kakak beradik yang diterlantarkan oleh ibunya. Mereka harus bertahan hidup dengan keadaan seadanya tanpa bantuan orang dewasa.


Sinopsis:

Sebuah keluarga yang terdiri dari seorang anak dan ibunya baru saja pindah ke apartemen baru. Saat pindah, mereka membawa sebuah koper besar. Namun rupanya, isi koper tersebut bukan pakaian atau barang, melainkan 3 orang anak kecil yang diselundupkan menggunakan koper.

Anak-anak itu hidup di apartemen itu secara sembunyi-sembunyi agar tak ketahuan, karena penghuni resmi yang terdaftar pada apartemen tersebut hanyalah sang ibu dan anak sulung yang berusia 12 tahun. 3 orang anak lainnya bisa dibilang merupakan penghuni ilegal. Oleh sebab itu mereka tak boleh sampai keluar ataupun terlihat oleh tetangga mereka di apartemen tersebut.

Sang ibu lumayan sibuk dengan pekerjaannya. Dia sering pulang larut, sehingga saat sang ibu tak di rumah, anak sulung lah yang bertanggung jawab terhadap adik-adiknya.

Suatu hari sang ibu menghilang begitu saja tanpa alasan yang jelas. Dia menitipkan uang dan menyerahkan seluruh tanggung jawab kepada sang anak sulung untuk merawat dan menjaga adik-adiknya.

Mereka sukses bertahan hidup selama sebulan dengan uang tersebut. Namun sayangnya sang ibu tak kunjung kembali. Waktu satu bulan sudah berlalu. Uang mereka mulai tak mencukupi untuk bertahan hidup.

Si sulung kemudian berinisiatif untuk meminta bantuan pada ayah tirinya. Keempat anak sebenarnya terlahir dari ayah yang berbeda-beda. Dari usaha tersebut mereka bisa mendapatkan uang tambahan untuk hidup.


Setelah sekian lama, sang ibu akhirnya pulang. Dia membawa hadiah untuk anak-anaknya seolah tak ada hal yang salah.

Dia pun ternyata hanya singgah untuk beberapa hari. Setelah itu dia mengemas barang-barangnya dan pergi lagi. Keempat anaknya kembali terlantar. Lagi-lagi si sulung harus bertanggung jawab atas adik-adiknya.

Penasaran dengan kabar ibunya, si sulung mencoba mencari nomor telepon ibunya dan mencoba menghubungi. Namun dari sana dia malah mendapatkan kabar mengejutkan. Ibunya ternyata sudah menikah lagi dan memiliki keluarga baru. Sedangkan dia dan ketiga adiknya diterlantarkan.

Mereka bertahan hidup dengan uang yang dititipkan ibu mereka sebelum pergi, tapi tentu uang itu akan habis. Perlahan, uang mereka semakin menipis, mereka tak mampu lagi membayar biaya tagihan. Akses gas, air, dan listrik akhirnya diputus.

Mereka bertahan hidup dengan meminta makanan sisa dari sebuah toko swalayan dekat apartemen mereka.

Suatu hari, salah seorang anak meninggal. Mereka tak tahu apa yang harus dilakukan.

Akhirnya Si sulung memutuskan menguburnya secara diam-diam, dan tak ada yang tahu. Mereka terus hidup di apartemen tak terurus itu, dan tak ada yang tahu.

Informasi Film Nobody Knows (Dare mo Shiranai)

Sutradara: Hirokazu Koreeda
Naskah: Hirokazu Koreeda
Pemeran utama: Yûya Yagira, Ayu Kitaura, Hiei Kimura
Negara: Jepang
Bahasa: Jepang
Tanggal rilis: 21 Oktober 2004 (Hong Kong)
Durasi: 2 jam 21 menit
Genre: Drama
IMDB rating: 8,1/10
Informasi lebih lanjut: IMDB - Nobody Knows (Dare mo Shiranai)

Post a Comment for "Sinopsis Nobody Knows/Dare mo Shiranai (2004): Kisah Empat Anak Terlantar"