Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis Kimi no Na Wa (2016): Kisah Cinta Beda Dimensi

Kimi no Na Wa atau Your Name dalam bahasa inggris adalah anime favorit saya. Jika ada teman yang ingin menonton anime untuk pertama kali, maka Kimi no Na Wa inilah yang akan saya rekomendasikan sebagai list wajib tonton. Dengan grafis yang menawan dan ceritanya yang sangat bagus, anime ini benar-benar recomended bangetlah untuk ditonton.



Kimi no Na Wa mengisahkan tentang dua orang remaja yang bertukar tubuh. Mitsuha adalah seorang remaja perempuan yang tinggal di desa Itomori. Mitsuha memiliki teman akrab bernama Katsuhiko dan Sayaka. Mitsuha sehari-hari tinggal di rumah neneknya. Ayahnya adalah seorang politikus lokal dan Ibunya sudah meninggal.

Di sekolah, Mitsuha melihat buku catatannya tertulis kalimat "Who are you?"

Lalu Mitsuha juga mendapat kabar kalau kemarin dia bertingkah aneh, lupa kelasnya, lupa dimana lokernya. Kabar itu membuat Mitsuha kaget. Sepulang sekolah Mitsuha dan teman akrabnya Sayaka dan Katsuhiko berkumpul. Sayaka berpikir kalau Mitsuha bertingkah aneh karena stress akan tampil di ritual "Miko", sesuatu yang tak ingin diingatnya. Mitsuha sendiri memiliki mimpi untuk segera lulus dan pindah ke Tokyo.

Malam selanjutnya, Mitsuha dan adiknya Yotsuha menampilkan ritual Miko. Dalam ritual itu mereka menari dan membuat Kuchikamizake (semacam sake yang terbuat dari beras fermentasi). Beberapa teman sekolah Mitsuha menonton ritual itu dan malah menggosipkan Mitsuha. Hal itu sangat mengganggu Mitsuha. Setelah acara selesai, Mitsuha berteriak keras-keras untuk menghilangkan stressnya. "Aku benci kota ini" teriaknya. "Aku benci hidup ini! Tolong buat aku jadi pria tampan di Tokyo kehidupan berikutnya!".

Keesokan harinya, Mitsuha terbangun. Namun dia tidak berada di tubuhnya sendiri, dia berada di tubuh orang lain. Mitsuha berada di tubuh Taki, seorang remaja laki-laki di Tokyo. Mitsuha yang berada di dalam tubuh Taki pun lalu menjalani kehidupan sehari-hari Taki. Selain bersekolah ternyata Taki juga melakukan kerja paruh waktu di restoran. Karena tak memiliki kemampuan dan pengalaman dalam bekerja, akhirnya Mitsuha yang berada di dalam tubuh Taki, melakukan banyak kesalahan dalam bekerja. Rekan kerja Taki, Okudera pun merasakan perubahan pada Taki dan menyadari bahwa Taki menjadi agak feminim.

Pada hari berikutnya, Taki kembali normal dan tak mengetahui kejadian pada hari sebelumnya. Pada titik ini, Taki dan Mitsuha akhirnya menyadari bahwa tubuh mereka saling tertukar. Mereka berdua pun lalu saling membuat aturan masing-masing saat bertukar tubuh. Mereka menuliskannya di note smartphone dan catatan. Mitsuha melarang Taki untuk mandi saat bertukar tubuh. Taki juga memberi tips saat bekerja kepada Mitsuha dan melarangnya untuk menghabiskan banyak uang. Mereka berdua pun menjalankan perannya masing-masing. Taka membuat Mitsuha menjadi terkenal di sekolah, bahkan sampai ada yang menyatakan perasaannya. Begitu pun Mitsuha menjalin hubungan dekat dengan rekan kerja Taki, Okudera.

Taki terbangun karena deringan smarthponenya. Ternyata ada pesan dari Okudera yang sedang menunggu Taki untuk kencan. Taki lalu melihat note di smartphonenya. Ternyata hari ini Mitsuha mengatur kencan antara Taki dan Okudera. Taki pun segera bersiap-siap untuk pergi kencan. Mereka berdua pergi kencan ke berbagai tempat, ke restoran mahal, ke mall. Namun Taki bersikap lain dari biasanya.  Okudera merasa Taki berubah menjadi orang lain. Taki mencoba untuk melanjutkan kencannya. Tapi Okudera menolak. Okudera berpikir bahwa Taki tertarik pada orang lain, karena itulah Taki bersikap berbeda.

Taki pun sadar kalau dia menyukai Mitsuha, dan mencoba untuk menelpon Mitsuha.

Di Itomori Mitsuha memotong rambutnya. Dia pergi bersama temannya ke pasar malam. Mereka melihat komet yang tiba-tiba pecah, jatuh, lalu menghantam desa.

Kembali ke Tokyo, Taki kecewa karena teleponnya tidak tersambung. Taki berharap bahwa dia dapat bertukar tubuh lagi dengan Mitsuha. Namun hal itu tidak pernah terjadi lagi.

Hari-hari berlalu dan Taki masih tetap penasaran. Taki akhirnya memutuskan pergi keluar kota untuk mencari Mitsuha. Taki mencari Mitsuha hanya dengan modal nekat. Taki hanya mempunyai sketsa gambar desa tempat Mitsuha tinggal yang digambarnya dari ingatannya sendiri. Taki pergi bersama Okudera dan teman dekatnya Tsukasa.

Mereka bertiga pergi ke berbagai tempat, tapi tidak ada yang tahu dimana lokasi yang terdapat pada sketsa gambar Taki. Hampir menyerah, mereka pun beristirahat sejenak di sebuah restoran lokal. Ternyata pemilik restoran itu mengenali sketsa gambar Taki. Tempat itu adalah Itomori. Saat Taki bertanya berapa jauh tempat itu, pemilik restoran itu terdiam sejenak. Lalu dia menjelaskan bahwa 3 tahun lalu Itomori telah hancur oleh pecahan komet. Musibah itu menelan lebih dari 500 korban jiwa.

Taki mencoba membuktikan bahwa dia belum lama ini di Itomori dengan melihat note di smartphonenya, tapi tiba-tiba semua note yang telah tertulis, menghilang. Taki pun lantas mencari informasi tentang Itomori di perpustakaan terdekat. Dan ternyata Mitsuha, Katsuhiko, dan Sayaka termasuk kedalam korban tewas dalam musibah jatuhnya komet itu.

Keesokan harinya Taki pergi seorang diri ke Itomori. Taki pergi ke kuil keluarga Mitsuha, untuk mencari sake yang dibuat oleh Mitsuha. Taki berpikir, dengan meminum sake buatan Mitsuha dia mungkin bisa terhubung dan menyelamatkan Mitsuha.

Taki meminum sake itu, tapi dia malah terjatuh dan pingsan. Taki terbangun di tubuh Mitsuha. Taki masih punya kesempatan untuk menyelamatkan Mitsuha. Taki menyadari bahwa hari itu adalah sehari sebelum waktu jatuhnya komet. Lalu Taki yang berada dalam tubuh Mitsuha segera memberi tahu apa yang akan terjadi, kepada Sayaka dan Katsuhiko. Walaupun meragukan hal itu, Sayaka dan Katsuhiko tetap ingin membantu Taki. Mereka bertiga pun menyusun rencana untuk menyelamatkan seluruh warga desa.

Taki lalu terpikir bahwa Mitsuha mungkin terbangun di tubuhnya yang berada di kuil. Taki pun segera berusaha secepat mungkin agar sampai ke kuil untuk menemui Mitsuha. Untuk pertama kalinya akhirnya mereka berdua bertemu satu sama lain. Taki menyarankan untuk menuliskan nama masing-masing di tangan agar tidak lupa. Taki menulis namanya, namun saat Mitsuha akan menulis namanya, ikatan mereka berdua terputus. Mitsuha tak sempat menulis namanya dan Taki kembali ke masanya.

Mitsuha segera berlari menuju desa. Namun saat ia melihat tangannya, ternyata Taki tidak menuliskan nama, namun malah menulis "I Love You". Mitsuha kaget dan menangis, lalu berlari menuju tempat ayahnya. Pecahan komet tetap menghancurkan kota, namun penduduknya berhasil terselamatkan.

5 tahun kemudian, Taki telah menamatkan sekolah dan kuliahnya, lalu bekerja sebagai arsitek. Walaupun begitu, Taki tetap merasa ada yang hilang dari hidupnya. Begitu pun Mitsuha, setiap pagi Mitsuha selalu menangis saat bangun tidur.

Suatu hari, Kereta mereka saling berselisih jalan. Mereka tak yakin, tapi mereka merasakan suatu ikatan. Mereka saling mencari satu sama lain. Setelah berkeliling kota, akhirnya Taki melihat seorang wanita di tangga, wanita itu Mitsuha. Dan secara serempak mereka berdua menanyakan nama masing-masing.

Informasi Anime Kimi no Na Wa (Your Name)
Sutradara: Makoto Shinkai
Penulis naskah: Makoto Shinkai (novel), Makoto Shinkai (screenplay)
Pengisi suara: Ryûnosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Ryô Narita
Negara: Jepang
Bahasa: Jepang
Tanggal rilis: 7 Desember 2016 (Indonesia)
Durasi: 1 jam 46 menit
Genre: Animation, Drama, Fantasy
IMDB rating: 8,4/10

1 comment for "Sinopsis Kimi no Na Wa (2016): Kisah Cinta Beda Dimensi"

  1. Sinopsis Anime Kimi no Na Wa, Plot Anime Your Name, Review Anime Kimi no Na Wa, Resensi Anime Kimi no Na Wa

    ReplyDelete