Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tonikaku Kawaii (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer

Tonikaku Kawaii atau dikenal juga sebagai Tonikawa: Fly Me to the Moon merupakan anime romantic comedy yang tayang pada musim gugur 2020.

Tonikawa poster

Anime ini merupakan adaptasi dari manga karya Kenjiro Hata dengan judul sama yang pertama kali terbit pada bulan Februari 2018. Adaptasi ini diproduksi oleh studio animasi Seven Arcs yang sebelumnya juga terlibat dalam produksi anime Sekirei, Dog Days, dan White Album.

Anime Tonikawa ini mulai tayang pada 3 Oktober lalu dan direncanakan akan memiliki total sebanyak 13 episode.

Sinopsis Tonikaku Kawaii

Pada episode pertama kita akan diperkenalkan dengan karakter protagonis laki-laki dengan nama yang cukup unik, Yuzaki Nasa. Nasa dalam bahasa Jepang dapat berarti sebagai bintang yang berkilauan, namun Nasa juga sering merujuk kepada lembaga antariksa Amerika Serikat.

Namanya yang unik ini membuat Nasa sering diejek sejak kecil. Apalagi pada saat kecil dirinya tidak tahu menahu soal namanya "Nasa" yang juga merupakan nama lembaga antariksa Amerika Serikat. Tambah menjadi-jadi lah temannya menganggap dia bodoh.

Tak tahan selalu diejek, Nasa mencoba bangkit dan membuktikan dirinya. Ejekan tadi jadi bahan bakarnya untuk terus bekerja keras dalam segala hal yang dilakukannya.

Seperti kata pepatah, usaha tak akan mengkhianati hasil. Saat kelas 3 SMP, nilai Nasa nyaris sempurna. Dia selalu menjadi peringkat pertama di kelasnya. Dia pun jadi sosok yang sangat optimis dan percaya dengan masa depannya yang cerah.

Sampai tepat pada hari-hari menjelang ujian masuk SMA, suatu insiden terjadi.

Saat pulang sekolah, Nasa yang sedang berjalan kaki, melihat seorang gadis imut yang begitu menarik perhatiannya. Pada pandangan pertama, Nasa langsung jatuh cinta. Dia coba untuk menyapa gadis cantik itu. Tapi sial, saat menyeberangi jalan sebuah mobil menabraknya dengan keras.

Tubuhnya lemas seketika dan pandangannya kabur. Samar-samar dia melihat gadis cantik yang tadi akan dia disapa, sedang menolongnya. Bahkan gadis itu tampak turut berdarah.

Dalam keadaan tubuh yang lemah, Nasa tanpa basa basi yang mengungkapkan rasa suka dan kagumnya pada gadis yang baru menolongnya itu. Dia ingin terus bersama dengan sang pujaan hati.

Respon gadis itu pun membuat Nasa kaget. Si gadis imut ini menerima permintaan Nasa asal mereka menikah.

Belum sempat bereaksi, Nasa yang memang sedang terluka parah langsung tak sadarkan diri.

Saat sadar, dirinya sudah berada di rumah sakit. Ujian masuk SMA pun sudah berakhir saat Nasa tak sadarkan diri. Mimpinya untuk bisa bersekolah di SMA favorit pun kandas. Dia bahkan harus menunggu tahun depan agar bisa ikut ujian kembali.

Hal itu membuat motivasinya untuk bersekolah hilang. Nasa pun memilih untuk bekerja dan mengumpulkan uang.

Dia juga berharap untuk bisa bertemu kembali dengan gadis cantik yang menyelamatkannya. Tapi hari itu tak kunjung datang.

Beberapa tahun kemudian saat Nasa telah berusia 18 tahun, seseorang mengetuk pintu apartemennya.

Alangkah terkejutnya Nasa karena itu adalah gadis yang pernah menyelamatkan nyawanya. Gadis itu kembali muncul di hadapan Nasa. Tak cukup sampai di sana, gadis itu kembali memberikan kejutan dengan membawa formulir pernikahan. Ternyata ajakan menikah beberapa tahun sebelumnya bukanlah omong kosong belaka.

Sejak saat itu dimulailah kehidupan rumah tangga Nasa dengan gadis pujaannya.

Review/Ulasan

Pada season fall 2020 kita kedatangan sebuah anime romantic comedy seasonal baru nih. Saya gak punya ekspektasi apa-apa dari anime ini. Tapi rupanya ini anime boleh juga. Pada awal episode saya langsung terpikat dengan lagu openingnya yang dibawakan oleh Yunomi. Lagunya yang cute dan sweet sangat cocok dan senada dengan anime ini. Terlebih juga saya memang suka dengan lagu-lagu dari Yunomi.

Openingnya yang cute bikin saya jadi excited untuk menonton anime ini. Kita diperkenalkan dengan protagonis utama bernama Nasa. Seorang laki-laki pekerja keras dan optimis yang mimpinya hancur akibat sebuah insiden kecelakaan.

Tapi insiden itu membuka lembaran baru dalam hidup Nasa. Insiden itu mempertemukannya dengan gadis pujaan hatinya, Tsukasa. Mereka pun harus menjalani kehidupan sebagai pasangan muda yang tak punya pengalaman tentang membangun rumah tangga.

nasa and tsukasa

Plot cerita dalam anime ini sangat segar dan baru, meskipun agak absurd sih. Bayangkan, pada episode pertama langsung nikah aja. Masalahnya bukan di nikahnya, tapi di logicnya. Bayangin, seorang stranger ngajak kamu nikah tiba-tiba. Bahkan namanya aja gak tau. Tapi ya namanya anime, punya logikanya sendiri haha.

Di samping ke absurdannya, anime ini cukup fun to watch. Kisah hubungan Nasa dengan Tsukasa dalam membangun rumah tangga cukup lucu dan juga sweet. Anime ini cocok banget untuk dijadiin moodboster.

Animasi dan desain karakternya sederhana tapi tepat sasaran. Desain karakter dan animasinya ini bikin nostalgia karena banyak dipakai pada anime-anime yang tayang pada era 2010-an.

Jadi, Tonikawa merupakan anime tipe santai yang cocok ditonton buat menghilangkan kepenatan dan berhenti sejenak setelah menjalani aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Ceritanya ringan dan santai. Cukup nikmati dan tak usah banyak mikir.

Jika kamu mencari anime dengan kisah romcom ringan yang sweet, go for it, this is yours. Saya sendiri sangat menikmati anime ini. Cukup untuk memancing senyum dan tawa.

Trailer

Karakter dan Pengisi Suara (Voice Actor)

Yuzaki Nasa (VA: Enoki Junya)

Laki-laki pekerja keras dan selalu optimis (over optimis malah) yang mengalami insiden saat ingin menyapa gadis cantik yang disukainya.

Yuzaki Tsukasa (VA: Kitou Akari)

Merupakan gadis cantik pujaan hati Nasa. Dia lah yang menyelamatkan Nasa setelah ditabrak oleh mobil.

Arisugawa Kaname (VA: Serizawa Yuu)

Adik kelas Nasa pada saat SD yang juga merupakan sosok yang merawat pemandian air panas tempat Nasa biasa membersihkan dirinya.

Arisugawa Aya (VA: Uesaka Sumire)

Gadis ini merupakan mantan teman sekelas Nasa yang juga merupakan kakak dari Kaname.

Post a Comment for "Tonikaku Kawaii (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer"