Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jujutsu Kaisen (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer

Jujutsu Kaisen adalah sebuah anime action supernatural asal Jepang yang dirilis pada musim gugur 2020. Anime ini merupakan adaptasi dari manga karya Gege Akutami yang pertama kali terbit tahun 2018 pada majalah Shonen Jump.

jujutsu kaisen poster

Adaptasi ini diproduksi oleh studio animasi MAPPA yang sebelumnya juga terlibat dalam proyek anime Zankyou no Terror, Kakegurui, dan Dororo. Selain itu studio MAPPA rencananya juga akan memproduksi season final dari anime Attack on Titan.

Jujutsu Kaisen telah tayang sejak tanggal 3 Oktober 2020 lalu dan direncanakan akan memiliki 24 episode secara total.

Sinopsis Jujutsu Kaisen

Itadori Yuji merupakan seorang siswa yang sangat berbakat. Fisiknya sangat kuat untuk ukuran siswa SMA.

Yuji cukup terkenal di sekolah atas kemampuan fisiknya itu. Namun alih-alih memasuki klub yang berhubungan dengan olahraga, dia malah memilih untuk bergabung dengan klub penelitian gaib.

Dia memilih bergabung di sana bukan tanpa alasan. Selain untuk bersenang-senang, dia sengaja memilih klub yang tidak memiliki banyak kegiatan agar bisa pulang cepat untuk merawat kakeknya yang tua dan sakit.

Namun klub yang hanya tampak sebagai tempat main-main ini akan mengubah hidup Yuji selamanya.

Malam itu, senior Yuji di klub penelitian gaib membuka jimat yang ditemukannya di sekolah. Awalnya dia hanya menganggap jimat itu sebagai benda biasa. Tapi saat jimat itu dibuka suasana langsung berubah jadi mencekam. Makhluk mengerikan muncul dan menghantui mereka. Makhluk itu disebut sebagai kutukan.

Tepat hari itu hidup Yuji berubah, dari awalnya hanya seorang siswa sekolah biasa, sekarang dirinya harus berurusan dengan monster kutukan yang mengancam nyawa.

Review/Ulasan

Sekilas dari sinopsis sudah jelas lah ya kalau anime ini secara plot gak begitu spesial. Bisa dibilang mungkin plotnya agak generik. Udah banyak berseliweran anime dengan konsep sejenis. Namanya juga anime shounen sih ya. Kekuatan anime shounen kebanyakan memang bukan pada plot yang unik dan segar. Tapi lebih kepada actionnya. Karena memang target audience anime shounen buat kalangan remaja sih.

Lalu gimana action dalam anime ini? Well, actionnya dapet banget. Adegan action melawan monster kutukan jadi hal utama dalam anime ini. Dari episode awal saja kita langsung disuguhi pertarungan antara protagonis utamanya Yuji dengan monster yang muncul secara tiba-tiba. Pace actionnya pas dan gak terburu-buru membuat anime ini jadi lumayan enjoy ditonton. 

Sisi action yang keren ditunjang pula dengan kualitas animasi yang apik. Meskipun demikian, desain karakternya cenderung biasa aja. Malah desain monsternya yang menarik karena penampakannya aneh dan disgusting memberikan kesan misteri supernatural yang cukup kuat dalam anime ini.

jujutsu kaisen monster

Bagian yang kurang banget dari anime ini adalah komedinya. komedi yang ditawarkan cenderung garing dan gak perlu banget. Selama saya menonton gak sekalipun saya bisa dibuat tertawa dengan unsur komedi di sini. Malah jadinya annoying dan agak dipaksakan.

Untuk musik pengiringnya top banget. Terutama openingnya yang memakai lagu dari Eve yang berjudul Kaikai Kitan. Sebelum Jujutsu Kaisen rilis, lagu-lagu dari Eve memang beberapa ada yang masuk playlist saya karena memang catchy dan enak didengar. Jadi saya cukup familiar dan suka dengan openingnya. Endingnya juga chill banget dengan lagu rap dari Ali yang berjudul Lost in Paradise. So, lagu pengiringnya mungkin jadi salah satu yang terbaik untuk season fall 2020 ini.

Secara keseluruhan anime Jujutsu Kaisen merupakan anime shounen yang solid dengan action yang menawan. Namun sayangnya plot yang ditawarkan lumayan generik. Saya sendiri cukup menikmati dan enjoy saat menonton anime ini. Cuma minus di bagian comedy aja yang garing. Berdasarkan pemaparan di atas saya memutuskan untuk memberikan nilai 7/10.

Trailer/PV

Karakter dan VA (Pengisi Suara)

Itadori Yuji (VA: Enoki Junya)

Karakter protagonis utama dalam anime ini. Karakter anak baik-baik yang energik dan tak kenal rasa takut. Yuji mempunyai fisik yang sangat kuat, bahkan tanpa sihir pun dia mampu memojokkan monster kutukan.

Gojou Satoru (VA: Nakamura, Yuuichi)

Guru pembimbing murid kelas 1 di SMA Jujutsu. Dia bertugas mengajari dan membimbing Yuji dan teman-temannya dalam menghadapi monster kutukan.

Fushiguro Megumi (VA: Uchida Yuuma)

Merupakan teman pertama Yuji di SMA Jujutsu. Dia adalah sosok yang menghadapi monster kutukan yang mengamuk dan bangkit di sekolah Yuji.

Kugisaki Nobara (VA: Seto Asami)

Teman sekelas perempuan Yuji di SMA Jujutsu. Sifatnya jutek dan agak arogan. Meskipun demikian dia sebenarnya merupakan sosok yang cukup baik.

Ryoumen Sukuna (VA: Suwabe, Junichi)

Monster kutukan yang bersatu dengan tubuh Yuji.

Post a Comment for "Jujutsu Kaisen (2020): Sinopsis, Review, Karakter, dan Trailer"